Baca dalam 3 menit

Xi Jinping Tentang Pola Pengembangan Baru

SHARE ARTIKEL

Pilot Free Trade Zone - Image from Suryakepri.com

Beijing, Bolong.id - Presiden Tiongkok Xi Jinping menekankan pembangunan ekonomi "sirkulasi ganda". Yakni, pasar domestik dan luar negeri saling memperkuat, dengan pasar domestik sebagai andalan.

Xi, juga sekretaris jenderal Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok dan ketua Komisi Militer Pusat, telah menguraikan itu di banyak kesempatan.

Dilansir dari Xinhuanet pada Kamis (12/11/2020), Berikut ini adalah beberapa sorotan dari kutipannya:

- Pola pembangunan baru ini, yang dikedepankan dalam perubahan tahap pembangunan, lingkungan dan kondisi Tiongkok, merupakan pilihan strategis yang akan memungkinkan negara untuk menempa keunggulan baru dalam kerjasama dan persaingan ekonomi global.

- Keuntungan ekonomi besar terletak pada keuntungannya dari sirkulasi domestik. Dengan total populasi 1,4 miliar dan produk domestik bruto per kapita melebihi 10.000 dolar AS, Tiongkok membanggakan pasar konsumen terbesar dan paling menjanjikan di dunia.

- Mengambil sirkulasi domestik sebagai andalan, ini bertujuan untuk menjalin konektivitas yang lebih kuat antara pasar internal dan eksternal, memanfaatkan sumber daya kedua pasar dengan lebih baik dan mencapai pembangunan yang lebih kuat dan berkelanjutan dengan memanfaatkan potensi permintaan domestik.

- Upaya harus dilakukan untuk mempercepat peningkatan keterbukaan dengan jaminan kelembagaan seperti aturan dan norma, dan memimpin dalam membangun sistem baru untuk perekonomian terbuka di tingkat yang lebih tinggi.

- Meningkatkan kapabilitas inovasi independen dan membuat terobosan dalam teknologi kunci dan inti adalah kunci untuk menetapkan pola pembangunan baru.

- Tiongkok harus mengintegrasikan pembentukan pola pembangunan baru dengan strategi pengembangan regional terkoordinasi dan pembangunan zona perdagangan bebas percontohan, dan perintis mengeksplorasi pembangunan paradigma di wilayah di mana kondisi memungkinkan untuk reformasi dan pembukaan.

- Pudong harus lebih mengkoordinasikan sumber daya pasar domestik dan internasional, memperkuat kemampuan memobilisasi sumber daya dan meningkatkan pengaruh global pada faktor-faktor mobilisasi termasuk dana, informasi, teknologi, bakat dan barang, berjuang untuk menjadi simpul sentral sirkulasi domestik dan link strategis dari sirkulasi internal dan eksternal, dan memainkan peran yang lebih baik dalam memimpin pengembangan terintegrasi Delta Sungai Yangtze. (*)

Terkait

international

Xi Jinping Tentang Pola Pengembangan Baru

  • Lupita
  • 13 Nov 2020
Logo follow bolong