Baca dalam 5 menit

Babak Baru Pembangunan Bersama Komunitas China-ASEAN di Masa Depan

Waktu Publish : 22 Nov 2021, 16:31 WIB
SHARE ARTIKEL

Babak Baru Pembangunan Bersama Komunitas China-ASEAN di Masa Depan - Image from 百度

Bolong.id - Tahun ini menandai peringatan 30 tahun terjalinnya hubungan antara Tiongkok dan ASEAN. Selama 30 tahun terakhir, Tiongkok dan ASEAN telah merangkul peluang zaman, berfokus pada pembangunan bersama, dan memulai jalur persatuan, maju, dan kerja sama yang saling menguntungkan.

Sejak Kongres Nasional Partai Komunis Tiongkok ke-18, hubungan Tiongkok-ASEAN telah mencapai perkembangan pesat. Setelah wabah Covid-19, para pemimpin kedua belah pihak telah berkomunikasi erat dan saling mendukung untuk mempromosikan konsolidasi lebih lanjut dan pendalaman kerja sama persahabatan antara Tiongkok dan ASEAN.

Dilansir dalam 中国驻东盟使团 Saat ini, Tiongkok dan ASEAN adalah mitra dagang terbesar satu sama lain, mitra kerja sama paling dinamis, dan mitra strategis paling berarti. Mereka telah membawa manfaat besar bagi lebih dari 2 miliar orang di 11 negara dan berkontribusi pada perdamaian, stabilitas, pembangunan, dan kemakmuran di kawasan dan dunia. Memberikan kontribusi penting. Hubungan Tiongkok-ASEAN telah menjadi model kerja sama yang paling sukses dan dinamis di kawasan Asia-Pasifik. Contoh nyata dalam mempromosikan pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi manusia.

Selama 30 tahun terakhir, Tiongkok dan ASEAN selalu menjunjung tinggi perdamaian dan stabilitas kawasan, dengan tegas menerapkan kebijakan bertetangga dan persahabatan yang baik, mengelola dan menangani perbedaan dan perselisihan dengan baik, bersama-sama menanggapi berbagai ancaman keamanan tradisional dan non-tradisional. Bekerja sama untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan, dan mendirikan sebuah bangsa. Sebuah model koeksistensi yang harmonis untuk membangun bersama antara kedua negara.

Selama 30 tahun terakhir, Tiongkok dan ASEAN selalu menganggap pembangunan ekonomi, peningkatan taraf hidup masyarakat sebagai tugas yang paling mendesak dan penting. Kedua belah pihak menjunjung tinggi konsep kerja sama yang terbuka, secara aktif memperkuat kerja sama ekonomi, perdagangan, pragmatis, menghubungkan pembangunan bersama inisiatif Belt and Road dan rencana pembangunan ASEAN, membentuk pola pembangunan yang terintegrasi dan terkait.

Skala perdagangan bilateral telah berkembang 85 kali, dan investasi bersama telah melampaui 310 miliar dolar AS(Rp 4.420Triliun). Kedua belah pihak bersama-sama mempromosikan keberhasilan penandatanganan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional, yang akan berlaku sesuai jadwal tahun depan, membentuk zona perdagangan bebas terbesar di dunia.

Selama 30 tahun terakhir, Tiongkok dan ASEAN telah berkomitmen untuk mempromosikan ikatan antar masyarakat dan mempromosikan nilai-nilai Asia. Kedua belah pihak saling menghormati pilihan jalur pembangunan, model pemerintahan nasional, dan tidak saling mencampuri urusan dalam negeri.

Bertahan dalam saling menguntungkan dan hasil saling menguntungkan dan mengurus masalah satu sama lain. Dalam menghadapi krisis dan bencana, saling membantu dan mengatasi kesulitan bersama. Semangat budaya bersama telah menjadi ikatan tak kasat mata yang mempererat hubungan Tiongkok-ASEAN.

Selama 30 tahun terakhir, pemerintah Tiongkok dan negara-negara ASEAN selalu berkomitmen untuk membiarkan kerja sama mereka bermanfaat bagi rakyat, terus meningkatkan pemahaman, persahabatan antara rakyat, dan memberikan dorongan yang tak habis-habisnya untuk pengembangan hubungan bilateral.

Kedua belah pihak telah dengan penuh semangat mempromosikan pertukaran dan kerja sama di bidang sosial dan budaya, dan bersama-sama menciptakan serangkaian pertukaran dan platform kerja sama dan proyek-proyek seperti Pekan Pertukaran Pendidikan Tiongkok-ASEAN, Pusat Tiongkok-ASEAN, Forum Budaya, Pengurangan Kemiskinan dan Forum Pembangunan.

KTT ke-30 Hubungan Dialog Tiongkok-ASEAN yang akan datang adalah pertemuan penting yang akan menggambar dan menunjukkan arah untuk pengembangan lebih lanjut dari hubungan bilateral.

Diyakini bahwa Tiongkok dan negara-negara ASEAN akan menggunakan KTT ini sebagai kesempatan untuk mengambil peringatan 30 tahun pembentukan hubungan dialog sebagai titik awal baru untuk bersama-sama mengatasi tantangan pandemic covid-19, mempromosikan pemulihan ekonomi, dan memulai pembangunan versi 3.0 dari Kawasan Perdagangan Bebas Tiongkok-ASEAN untuk menciptakan ekonomi digital, interkoneksi, dan interoperabilitas.

Sorotan baru kerja sama di bidang kota pintar, tanggap bencana, pembangunan berkelanjutan, dll., bersama-sama menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan, mempromosikan integrasi ekonomi regional, bersama-sama mempraktikkan multilateralisme sejati, regionalisme terbuka, dan menulis komunitas Tiongkok-ASEAN dengan masa depan bersama Membangun babak baru. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Dibuka, Pameran Dagang China-ASEAN ke-2

  • Djono W. Oesman
  • 09 Nov 2021

business

Ekonomi Digital Memperkuat Perdagangan China-ASEAN

  • Edwin Adriaansz
  • 02 Nov 2021

news

Inilah Kerjasama China-ASEAN Perangi COVID-19

  • Djono W. Oesman
  • 01 Nov 2021

news

China-ASEAN TV Week Akan Diadakan di Nanning China

  • Lupita
  • 11 Oct 2021

news

Pembangunan Komunitas China-ASEAN Diserukan untuk Masa Depan...

  • Lupita
  • 10 Oct 2021

news

Peringati 30 Tahun China-ASEAN, Dubes Djauhari Berpesan Perk...

  • Lupita
  • 18 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong