Baca dalam 4 menit

Harus Tahu! Ini Jenis-jenis Beasiswa ke China, Mulai dari Pemerintah Hingga Pelatihan Guru

Waktu Publish : 22 Nov 2021, 16:27 WIB
SHARE ARTIKEL

Beasiswa - Image from Detik

Bolong.id - Siswa internasional yang menerima beasiswa pemerintah Tiongkok akan diatur untuk belajar di 88 institusi pendidikan tinggi yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan Tiongkok. Di sekolah-sekolah ini, siswa internasional dapat mempelajari lebih dari 300 jurusan sains, teknik, pertanian, kedokteran, ekonomi, hukum, manajemen, pendidikan, sejarah, sastra, filsafat, dan disiplin ilmu lainnya. Jenis-jenis beasiswa Tiongkok antara lain:

1. Beasiswa Pemerintah Tiongkok

Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh atau beasiswa sebagian yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan Tiongkok sesuai dengan kesepakatan pertukaran pendidikan atau kesepahaman yang dicapai antara pemerintah Tiongkok dengan pemerintah negara terkait dan organisasi internasional terkait. Diantaranya beasiswa untuk sarjana, beasiswa untuk mahasiswa magister, beasiswa untuk mahasiswa doktoral, beasiswa untuk mahasiswa bahasa Mandarin, beasiswa untuk mahasiswa tingkat lanjut umum, dan beasiswa untuk mahasiswa tingkat lanjut. Pelamar dapat mendaftar ke departemen pemerintah, instansi terkait atau kedutaan besar Tiongkok (konsulat jenderal) di negara tuan rumah yang bertanggung jawab untuk pengiriman siswa luar negeri.

2. Beasiswa Tembok Besar Pemerintah Tiongkok

Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan Tiongkok kepada UNESCO, hanya untuk sarjana umum dan sarjana senior. Pelamar dapat mendaftar ke Markas Besar UNESCO atau Komite Nasional Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan negara asal mereka.

3. Beasiswa untuk siswa berprestasi

Beasiswa ini didirikan oleh Kementerian Pendidikan Tiongkok untuk mendukung mereka yang telah menyelesaikan rencana studi awal di Tiongkok, dan telah memperoleh gelar master atau doktor pada tahun yang sama dan memiliki karakter dan kemampuan akademik yang sangat baik untuk melanjutkan studinya. beasiswa penuh dan beasiswa parsial. Pelamar dapat mendaftar ke Dewan Beasiswa melalui sekolah mereka.

4. Beasiswa untuk pemenang HSK

Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang didirikan oleh Kementerian Pendidikan Tiongkok untuk mendukung kandidat asing yang telah mencapai hasil yang sangat baik dalam Tes Kecakapan Bahasa Mandarin (HSK) yang diadakan di luar Tiongkok untuk belajar bahasa Mandarin di Tiongkok. Pelamar dapat mendaftar ke Dewan Beasiswa melalui penyelenggara tes atau kedutaan Tiongkok (konsulat jenderal) di negara tuan rumah.

5. Proyek Penelitian Budaya Tiongkok

Proyek ini adalah proyek pendanaan yang didirikan oleh Kementerian Pendidikan Tiongkok untuk mendanai para ahli dan cendekiawan yang berspesialisasi dalam studi budaya Tiongkok dari berbagai negara untuk melakukan penelitian jangka pendek di Tiongkok. Pelamar dapat mendaftar ke CSC melalui universitas Tiongkok yang relevan, profesor, atau kedutaan Tiongkok.

6. Program pelatihan jangka pendek untuk guru bahasa Mandarin asing

Proyek ini adalah proyek pendanaan yang didirikan oleh Kementerian Pendidikan Tiongkok untuk mensubsidi guru penuh waktu dari berbagai negara yang terlibat dalam pengajaran bahasa Mandarin untuk datang ke Tiongkok untuk pelatihan jangka pendek. Pelamar dapat mendaftar ke Dewan Beasiswa melalui Kedutaan Besar Tiongkok (Konsulat Jenderal) di negara tuan rumah. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong