Baca dalam 4 menit

Sejarah Asian Games Keenam Tahun 1970 di Thailand, Pertama Kalinya Disiarkan di TV

Waktu Publish : 08 Nov 2021, 14:29 WIB
SHARE ARTIKEL

Sejarah Asian Games keenam Tahun 1970 di Thailand - Image from images.app.goo.gl

Bolong.id - Asian Games ke-6 pada awalnya dijadwalkan akan diadakan di Seoul, Korea Selatan (sekarang Seoul), karena Korea Selatan melepaskan hak untuk menjadi tuan rumah karena masalah keuangan, Asian Games diubah menjadi tuan rumah di Bangkok, Thailand. Asian Games keenam ini juga merupakan pertama kalinya disirkan di televisi.

Asian Games saat ini diadakan di Bangkok, Thailand dari 9 hingga 20 Desember 1970, dengan durasi 12 hari. 2.400 atlet dari 16 negara dan wilayah berkompetisi di 13 kompetisi. Untuk pertama kalinya di Asian Games ini, ada siaran TV satelit.

Sebelum Asian Games ke-5 diadakan, Seoul, Korea Selatan mengajukan permohonan kepada Asosiasi Asian Games untuk mendapatkan hak menjadi tuan rumah Asian Games ke 6. Karena tidak ada pesaing lain, itu menjadi kota tuan rumah Asian Games ke-6 pada tahun 1970.

Namun, lebih dari setahun sebelum acara, Korea Selatan menggunakan keamanan nasionalnya sebagai alasan untuk mencabut hak tuan rumah Asian Games ke-6 secara tertulis kepada Asosiasi Asian Games, membuat Asian Games ke-6 menghadapi nasib tidak ada makanan.

Setelah Asosiasi Asian Games mengadakan beberapa pertemuan dan konferensi sementara, diputuskan untuk mengundang Bangkok, yang berhasil menjadi tuan rumah Asian Games Kelima, untuk maju membantu.

Karena pemerintah Thailand tidak memiliki anggaran yang besar, negara-negara anggota memutuskan setelah pertemuan bahwa organisasi yang berpartisipasi akan berbagi biaya penyelenggaraan Asian Games tergantung pada kondisi ekonomi mereka.

Jenis perlombaannya juga dikurangi menjadi 13 cabang olahraga dan 135 cabang olahraga, pertandingan tenis dan bilyar dibatalkan, namun karena Raja Bhumibol suka berlayar, ditambah lagi perlombaan layar dan menjadi salah satu jenis perlombaan yang pertama kali diadakan di tingkat Asia.

Untuk menggalang dana, panitia penyelenggara mengeluarkan prangko suvenir Asian Games, set pertama 5 prangko, dengan Raja Thailand menyalakan obor dan 4 stadion besar sebagai motif; dan penjualan koin peringatan dengan lambang Federasi Asian Games di depan dan Raja Thailand di belakang Kepala Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit, dengan nilai nominal 10 baht, dicetak 9 juta keping.

Untuk pertama kalinya di Asian Games ini, teknologi siaran satelit digunakan untuk mentransmisikan upacara pembukaan dan penutupan Asian Games dan situasi pertandingan ke semua negara. Setiap stasiun TV mengenakan royalti USD 2.000 (sekitar Rp28,6 juta). Ini adalah pertama kalinya Asian Games disiarkan di TV. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong