Baca dalam 3 menit

Punya Penyakit Asam Lambung? Hindari 5 Makanan Ini

Waktu Publish : 27 Jan 2021, 06:49 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi ami

Jakarta, Bolong.id - Saat ini, orang-orang sibuk dengan pekerjaan dan kehidupan. Mereka sering melewatkan waktu makan dan membuat mereka rentan mengalami masalah perut. Setelah mengalami masalah perut, mereka harus lebih memperhatikan pola makan. Jika mereka makan dengan tidak benar, maka akan memperburuk penyakit. 

Apa pantangan makanan yang harus dihindari saat menderita masalah perut?

1. Cabai

Cabai - Image from detik.net

Mengonsumsi hot pot pedas memang nikmat bagi banyak orang di musim dingin, namun mereka yang memiliki masalah perut tidak boleh makan cabai. Cabai dapat merangsang selaput lendir lambung, dan mudah menyebabkan edema mukosa dan erosi dinding lambung, yang mana akan meningkatkan asam lambung sekresi dan kondisi lain dapat dengan mudah menyebabkan kolesistitis dan pankreatitis dalam jangka waktu yang lama, jadi jika Anda memiliki masalah perut, Anda perlu menghindari makanan yang pedas.

2. Gorengan

Gorengan - Image from tirto

Penderit lambung harus menghindari makan gorengan. Makanan yang digoreng mengandung kalori tinggi dan merupakan makanan berlemak tinggi. Makanan tersebut tidak mudah dicerna oleh tubuh manusia. Makanan tersebut juga cenderung menyebabkan peningkatan sekresi asam lambung, yang membawa beban besar pada lambung. Sering makan gorengan dapat dengan mudah menimbulkan gejala seperti gangguan pencernaan. Dalam proses penggorengan, struktur nutrisi pada makanan jenis ini akan rusak. Oleh karena itu, penderita gangguan perut  tidak boleh mengkonsumsi gorengan.

3. Makanan mentah dan dingin

Mentah - Image from tempo.co

Setelah makan makanan mentah dan dingin, banyak orag akan merasa perutnya tidak nyaman. Hal ini karena makanan mentah dan dingin akan mengiritasi perut. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam makan. Setelah menderita sakit perut akibat makan makanan mentah dan dingin, makanlah lebih banyak makanan hangat, Makanan hangat memiliki efek menutrisi perut.

4. Makanan asam

Jeruk - Image from idntimes

Makanan asam manis sangat digandrungi masyarakat, terutama karena sangat menggugah selera, namun bagi orang yang mengalami gangguan lambung akan membuat fungsi lambungnya kurang baik. Makan makanan yang asam akan menambah beban lambung, karena makanan yang asam akan merangsang asam lambung sekresi. Orang dengan masalah perut memiliki banyak asam lambung, dan tukak lambung cenderung terjadi di bawah rangsangan yang berkepanjangan, yang hanya akan membahayakan kesehatan manusia.

5. Makanan dengan kandungan pati yang tinggi

Kentang - Image from bukalapak

Penderita gangguan perut perlu menghindari makanan dengan kandungan pati yang tinggi, seperti kentang, ubi jalar, talas, chestnut, dll. Pati memiliki daya rekat yang kuat dan akan menempel pada dinding usus, yang akan mempengaruhi pencernaan dan penyerapan tubuh. konsumsi jangka panjang juga akan menyebabkan sakit perut.

Setelah menderita masalah perut, Anda perlu menghindari makanan tersebut. Demi kesehatan Anda sendiri, Anda harus mengontrol pola makan dan mengurangi asupan makanan yang tidak kondusif bagi kesehatan lambung untuk memastikan kesehatan Anda. 

Dianjurkan agar orang-orang mengembangkan kebiasaan makan yang baik dalam hidup mereka dan makan lebih banyak makanan yang bermanfaat bagi perut, seperti bubur gandum, labu, terong, dll yang cocok untuk penderita masalah perut. (*)

[Matsnaa Chumairo/Penerjemah]

[Lupita/Penulis]

Terkait

Health

Punya Penyakit Asam Lambung? Hindari 5 Makanan Ini

  • Matsnaa
  • 27 Jan 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong