Baca dalam 3 menit

Pasar Makanan Bakal Diawasi Lebih Ketat

Waktu Publish : 04 Jul 2020, 00:17 WIB
SHARE ARTIKEL

Inspeksi di Sebuah Pasar di Beijing - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Pasar grosir pangan di seluruh Tiongkok akan diawasi lebih ketat. Untuk meminimalkan risiko penularan virus corona baru. Pengawasan terfokus pada tempat-tempat utama seperti pasar grosir yang menjual produk pertanian dan peternakan.

Dilansir dari China Daily, Chen Xu (陈旭) pejabat pemerintah untuk inspeksi pasar mengatakan, "Regulator akan meningkatkan upaya dalam memerangi perdagangan ilegal hewan liar, dan melarang memakan hewan seperti itu.

Pembatasan akan dikenakan pada perdagangan dan pemotongan unggas hidup, dan perdagangan unggas hidup secara bertahap akan dilarang di pasar-pasar grosir.

Regulator pasar akan memandu dan mengawasi vendor agar secara ketat mengikuti peraturan, seperti menyimpan catatan pembelian untuk memastikan semua produk dapat dilacak. Mereka juga akan mengintensifkan inspeksi atas produk yang dijual di pasar makanan grosir, dan melarang penjualan produk yang mencurigakan, seperti produk laut dari sumber yang tidak diketahui.

Selain itu, pasar grosir yang menjual produk pertanian merupakan sumber penting dalam pasokan makanan di daerah perkotaan di Tiongkok, pasar ini memberikan kontribusi lebih dari 70 persen dari total pasokan daging, unggas, produk air, sayuran dan buah-buahan.

Namun, pandemi COVID-19 terbaru di Beijing telah meningkatkan kekhawatiran tentang keamanan pangan dan risiko pandemi di pasar tersebut.”

Virus corona baru di Tiongkok ditemukan dalam banyak sampel yang dikumpulkan dari pasar pada bulan Juni 2020, salah satunya talenan untuk salmon yang dijual di pasar yang membawa virus.

Oleh sebab itu, pada pertengahan Juni lalu, regulator pasar di seluruh Tiongkok telah menangani 450 kasus yang melibatkan perdagangan ilegal hewan liar. Mereka telah memeriksa tempat-tempat bisnis dari berbagai jenis, termasuk pasar makanan grosir, dan menghentikan lebih dari 12.000 pasar dan pemilik bisnis lainnya atas pelanggaran dalam perdagangan hewan liar.

Zhang Zhiqiang (张志强) wakil kepala pemantauan dan evaluasi keamanan pangan di bawah Komisi Kesehatan Nasional (国家卫生委员会食品安全监控与评估) mengatakan bahwa pihak komisi akan segera merilis panduan teknis tentang perlindungan terhadap COVID-19 oleh karyawan yang terlibat dalam bisnis makanan, seperti yang ada di pasar grosir makanan dan restoran, di mana terpapar risiko infeksi yang lebih besar.

Panduan ini akan merekomendasikan kontrol pandemi terperinci dan langkah-langkah pencegahan dalam kelompok, termasuk pelatihan, manajemen kesehatan dan penanganan keadaan darurat, ujarnya. (*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong