MSG Berbahaya, Mitos atau Fakta?

logo clock 3 Menit logo clock 06-09-2020, 18:02

Monosodium Glutamate (MSG) - Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id - Monosodium glutamate (MSG) adalah bumbu umum dalam masakan. Dengan menambahkan sedikit MSG, hidangan pun akan tambah gurih dan segar.

Tetapi, banyak orang yang mengira MSG dapat menyebabkan kanker jika dipanaskan, bahkan ada yang mengatakan bahwa MSG terbuat dari produk kimia. Meski kita tidak menggunakan MSG untuk memasak di rumah, tapi kita tentu tidak bisa menghindari MSG saat makan di luar.

Lalu, apakah MSG benar-benar berbahayadan memanaskan MSG dapat sebabkan kanker?

Bahan utama MSG adalah natrium glutamat. Mitosnya, natrium glutamat yang dipanaskan di atas suhu 120°C akan menghasilkan sodium pyroglutamate yang dapat menyebabkan kanker. Faktanya, sodium pyroglutamate tidak menyebabkan kanker, demikian dilaporkan dari Sina News, Jumat (5/9/20).

Sodium pyroglutamate tidak termasuk dalam daftar 4 karsinogen yang menyebabkan kanker oleh International Agency for Research on Cancer.

Apakah benar MSG sebabkan tekanan darah tinggi?

Sebagian orang beranggapan bahwa MSG dapat menyebabkan darah tinggi, sehingga banyak dari mereka yang tidak berani mengonsumsinya, terutama orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Faktanya, asupan garam natrium yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah naik. Garam natrium juga termasuk salah satu kandungan dalam MSG.

Jadi, tentunya menambahkan MSG ke dalam makanan akan menyebabkan asupan natrium berlebih dan meningkatkan tekanan darah.

Hal ini juga bisa jadi disebabkan oleh cara makan yang salah, bukan berarti MSG-lah yang menyebabkan darah tinggi.

Sebaliknya, penggunaan MSG dengan takaran yang cukup dapat membantu kita mengontrol tekanan darah. Selain itu, MSG dapat meningkatkan rasa asin pada masakan.

Namun, jangan jadikan ini sebagai alasan untuk mengganti takaran garam dengan MSG, ya! Lebih baik kurangi takaran MSG pada masakan dan lebih perbanyak takaran garam untuk meningkatkan rasa asin pada masakan.

Apakah MSG merupakan senyawa kimia?

CCTV News pernah melakukan survei terkait konsumsi MSG. Alasan kebanyakan orang menolak MSG karena mereka menganggap MSG tidak aman dan merupakan bahan kimia.

Faktanya, MSG sebenarnya dihasilkan melalui fermentasi biji-bijian. Singkatnya proses ekstraksinya seperti ini: grainstarchglutamic acidsodium glutamate (MSG)

WHO merangkum hasil penelitian ilmiah selama lebih dari 20 tahun, dan menyimpulkan bahwa MSG adalah bumbu masak yang aman.

Meski demikian, tetap jangan konsumsi MSG terlalu banyak ya! Konsumsi MSG dengan seperlunya saja, sebab yang berlebihan tentu tidak baik!



Penulis : Della Shafira Putri
Editor : Nurul Diah

Terkait

60.000 Orang Di-vaksin COVID-19 China, Tak Ada Efek Buruk

 

logo clock 21-10-2020, 11:08
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Setelah Corona, Norovirus Muncul. Bahaya, Tidak?

 

logo clock 20-10-2020, 16:50
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Nekat Makan Mie Jagung Berusia Setahun, Sekeluarga Tewas Keracunan

 

logo clock 20-10-2020, 13:19
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Hari Osteoporosis Sedunia: Sayangi Tulang Anda

 

logo clock 20-10-2020, 09:52
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Riset: COVID-19 Menempel di Kulit Manusia Selama 9 Jam!

 

logo clock 20-10-2020, 06:04
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral