13 April 2022, 20:32 WIB

Ilmuwan China Ciptakan Rekor Baru Komunikasi Kuantum, Bisa Nguping Hingga 100 Km!-Image-1

Ilustrasi Ilmiah - Image from CFP

Bolong.id - Ilmuwan Tiongkok baru-baru ini merancang sistem komunikasi langsung kuantum baru dengan sandi campuran dari keadaan kuantum fase dan status kuantum stempel waktu.

Mereka berhasil mencapai komunikasi langsung kuantum sejauh 100 kilometer. Ini adalah jarak komunikasi langsung kuantum terpanjang di dunia.

Dilansir dari 中国青年网 pada Rabu (13/4), hasil penelitian tersebut ditangani bersama oleh Institut Ilmu Informasi Quantum Beijing, tim Profesor Long Guilu dari Universitas Tsinghua dan tim Profesor Lu Jianhua.

Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Light-Science & Applications. Dengan rekor yang dipublikasikan sebelumnya untuk komunikasi langsung kuantum adalah 18 kilometer.

Komunikasi langsung kuantum adalah teknik yang ampuh untuk mentransmisikan informasi rahasia secara langsung dan aman berdasarkan saluran kuantum aman dan transmisi blok yang telah ditetapkan sebelumnya.

Penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan teknologi matang yang ada, komunikasi langsung kuantum dalam beberapa skenario yang tidak dapat diteruskan dapat dilakukan.

Misalnya, komunikasi langsung kuantum antara bintang dan bumi, dan komunikasi langsung kuantum point-to-point antara beberapa kota.

Ini dapat mengurangi jumlah relai, mengurangi biaya node tautan, mengurangi penundaan komunikasi, dan meningkatkan kinerja komunikasi dan pengalaman pengguna. (*)