Warga Diserang Gajah Liar, Picu Diskusi Cara Atasi Konflik Manusia-Gajah

logo clock 4 Menit logo clock 12-10-2020, 10:46

Gajah liar di Yunnan - Image from Global Times

Yunnan, Bolong.id - Seorang wanita setempat dilaporkan terluka parah akibat diserang gajah liar di Pu'er, Provinsi Yunnan, pada hari Sabtu, memicu diskusi di Sina Weibo tentang cara menemukan keseimbangan dalam hubungan antara manusia dan hewan liar.

Wanita, suaminya, dan anak perempuan mereka yang berusia 5 tahun dari Desa Naji, Pu'er, bertemu dengan sekelompok gajah dalam perjalanannya untuk memetik daun teh dengan sepeda motor. Sebuah video oleh Pear Video menunjukkan wanita itu terbaring di tanah dengan sekelompok penduduk desa di sekitarnya mencoba menenangkannya dan seorang penduduk setempat menjelaskan bahwa pahanya mungkin telah diinjak-injak oleh gajah.

Seorang dokter lokal dalam video tersebut mengatakan beberapa tulang rusuknya patah dan dia mengalami pendarahan internal. Untungnya, suaminya menggendong putrinya ke dalam hutan agar tidak disakiti oleh gajah. Demikian dilansir dari Global Times, Minggu (11/10/2020). 

Seorang pekerja lokal mengatakan lebih dari 20 gajah liar baru-baru ini berkeliaran di sekitar Desa Naji, merusak rumah dan mencari makanan di sekitar rumah warga, dan peringatan telah dikirim setiap hari, menurut video tersebut.

Netizen Tiongkok menyatakan pemahamannya akan perlunya melindungi gajah liar, tetapi juga menunjukkan simpati mereka kepada penduduk desa yang telah diserang oleh gajah liar.

Beberapa ingin mengetahui alasan yang menyebabkan kejadian ini. Guo Peng, direktur Pusat Studi Perlindungan Hewan di Universitas Shandong, mengatakan bahwa sulit untuk menentukan alasan pasti di balik insiden tersebut tanpa informasi yang cukup, dengan mengatakan kemungkinan bahwa gajah liar kekurangan makanan atau ruang hidup. 

Kita harus mempertimbangkan untuk "menjauhkan manusia dari hewan liar," kata Guo.

Guo mengambil contoh metode yang digunakan oleh India "101 vital elephant corridors across India", yang memungkinkan gajah bergerak bebas di antara habitat yang aman, tanpa diganggu oleh aktivitas manusia. Anggota konservasi satwa liar setempat membantu penduduk yang tinggal di tempat yang dilewati gajah untuk merelokasi dan memberi kompensasi kepada mereka, jelas Guo, menambahkan bahwa mereka akan menanam tanaman untuk gajah dan membiarkan mereka berjalan di sepanjang sabuk makanan dan mengidentifikasi daerah tersebut untuk menjauhkannya dari manusia.

Pada Konferensi Fintech INCLUSION yang diadakan di Shanghai pada 25 September, sebuah kalung cerdas yang menggunakan Sistem Satelit Navigasi BeiDou Tiongkok diluncurkan, yang memungkinkan gajah dilacak secara real time untuk meredakan kekhawatiran atas konflik manusia-gajah.

Sebagai habitat terakhir gajah liar di Tiongkok, Yunnan adalah garis depan untuk konservasi gajah Asia dan "populasi gajah liar Asia telah meningkat menjadi sekitar 300," kata pimpinan proyek Perlindungan Gajah Asia, Cao Dafan dengan Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan (IFAW) dalam wawancara bersama Global Times

Berbagai tindakan seperti mengambil asuransi untuk mengkompensasi kerugian yang disebabkan oleh gajah dan memantau pergerakan gajah melalui teknologi mutakhir telah diadopsi, kata Cao, seraya mencatat bahwa insiden tersebut memperkuat kebutuhan untuk meningkatkan  pemantauan, pendidikan dan pelatihan dalam pencegahan konflik antara manusia dan gajah. 

Dari 2011 hingga 2019, ada lebih dari 4.600 kecelakaan yang melibatkan gajah liar Asia di Xishuangbanna di Yunnan. (*)

Penulis : Maureen
Editor : Nurul Diah

Terkait

AS Setujui Penjualan Senjata Canggih Lainnya ke Taiwan

 

logo clock 27-10-2020, 12:24
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

ByteDance Pertimbangkan Daftarkan Aplikasi Video Pendek Douyin di Hong Kong

 

logo clock 27-10-2020, 11:37
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Biro Mengganti Medali Perang Veteran yang Hilang

 

logo clock 27-10-2020, 11:25
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kedubes China di Sri Lanka Protes Pernyataan Intimidasi Pejabat AS

 

logo clock 27-10-2020, 09:54
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Pameran Pariwisata China-ASEAN Expo 2020 Digelar di Guilin 8 Desember

 

logo clock 27-10-2020, 09:51
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral