Lama Baca 4 Menit

Presiden Terpilih Indonesia Prabowo Bertemu Wang Yi

23 April 2024, 21:04 WIB

Presiden Terpilih Indonesia Prabowo Bertemu Wang Yi-Image-1
Prabowo dan Wang Yi

Bolong.id - Pada 18 April 2024 waktu setempat, Presiden terpilih RI Prabowo bertemu dengan Wang Yi, anggota Biro Politik Komite Sentral CPC sekaligus Menteri Luar Negeri, di Jakarta.

Dilansir dari 中国政府网 Kamis (18/04/24), Wang Yi pertama kali menyampaikan salam ramah Presiden Xi Jinping kepada Prabowo, dan sekali lagi mengucapkan selamat kepada Prabowo karena terpilih sebagai presiden dengan perolehan suara yang tinggi. Ia yakin, Prabowo akan memimpin bangsa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik setelah ia resmi menjabat. 

Wang Yi mengatakan bahwa kunjungan pertama Yang Mulia ke Tiongkok sesegera mungkin setelah terpilih mencerminkan perasaan bersahabat terhadap rakyat Tiongkok dan betapa pentingnya hubungan Tiongkok-Indonesia. 

Presiden Xi Jinping dan Anda langsung akrab, berkomunikasi secara mendalam, dan mengemukakan gagasan makro dan konsep strategis untuk pengembangan hubungan bilateral di masa depan. Kami semakin yakin dengan prospek luas hubungan Tiongkok-Indonesia.

Wang Yi mengatakan bahwa Indonesia adalah negara berkembang besar dan kekuatan ikonik di kawasan Selatan. Tiongkok selalu menganggap Indonesia sebagai prioritas dalam diplomasi periferal dan mitra terpercaya dalam urusan global. 

Persatuan dan kerja sama antara Tiongkok dan Indonesia memperkuat kekuatan pembangunan global, memperkuat kekuatan perdamaian dan stabilitas, serta merupakan kekuatan pendorong penting bagi multipolaritas dunia. 

Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Indonesia untuk membangun tingkat saling percaya strategis yang lebih tinggi, membangun tata kerja sama yang lebih komprehensif, saling mendukung upaya modernisasi, dan mendorong kemitraan strategis komprehensif kedua negara ke tingkat yang baru. 

Tiongkok dan Indonesia merupakan negara berkembang yang besar. Dengan rasa saling percaya dan saling mendukung, perdamaian di Asia akan terjamin, pembangunan global akan memiliki harapan, dan masa depan umat manusia akan lebih cerah. 

Tiongkok mendukung Indonesia dalam memainkan peran yang lebih besar dalam urusan internasional dan regional dan bersedia memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan Indonesia untuk bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas yang telah dicapai dengan susah payah di kawasan dan benar-benar memegang masa depan dan nasib kawasan di tangannya sendiri. 

Kita harus mendukung dunia multipolar yang setara dan teratur serta bergandengan tangan di garis depan dalam membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.

Presiden Terpilih Indonesia Prabowo Bertemu Wang Yi-Image-2
Prabowo dan Wang Yi

Prabowo meminta Wang Yi menyampaikan salam ramah dan rasa hormat yang tulus kepada Presiden Xi Jinping. Prabowo menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Tiongkok atas pengaturan kunjungan saya yang hangat dan penuh perhatian ke Tiongkok. Meskipun kunjungan ini singkat, saya sangat terkesan dan mendapat banyak manfaat. Tiongkok adalah teman baik Indonesia.

Dalam hal pengembangan hubungan dengan Tiongkok, saya dan Presiden Joko sangat sependapat dengan pandangan kami dan berharap untuk terus dan terus mendorong kerja sama strategis yang lebih tinggi antara kedua negara dan meningkatkan tingkat hubungan bilateral. 

Tiongkok selalu menjunjung tinggi keadilan dalam urusan internasional dan regional serta memberikan bantuan tanpa pamrih kepada negara-negara berkembang. Penguatan koordinasi dan kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok tentunya akan berdampak positif terhadap stabilitas dan kesejahteraan kawasan dan dunia. (*)

Presiden Terpilih Indonesia Prabowo Bertemu Wang Yi-Image-3
Suasana pertemuan

Informasi Seputar Tiongkok