Fosil Gigi Dinosaurus di China Ungkap Hal Baru

19 May 2024, 12:36 WIB

Fosil Gigi Dinosaurus di China Ungkap Hal Baru-Image-1
Fosil gigi berikan wawasan baru tentang dinosaurus di China

Beijing, Bolong.id - Empat gigi dinosaurus besar yang digali di Provinsi Guangdong telah dikonfirmasi oleh para ilmuwan Tiongkok sebagai bagian dari kelompok Tyrannosauroidea yang berumur 70 juta hingga 66 juta tahun lalu, menjadikannya bukti fosil paling selatan dari takson ini di Tiongkok.

Dilansir dari 羊城派 Kamis (16/05/24), keempat gigi tersebut dapat ditelusuri kembali ke tahap Maastricht, fase terbaru dari periode Kapur Akhir. Tiga dari spesimen ini ditemukan pada tahun 2010 di kota Sihui oleh seorang penggemar fosil amatir yang kemudian menyumbangkannya ke museum setempat. Gigi lainnya ditemukan di lokasi konstruksi di ibu kota provinsi Guangzhou pada tahun 2020 oleh seorang peneliti dan saat ini disimpan di koleksi Universitas Sun Yat-sen.

Tiga gigi yang ditemukan di Sihui sangat terpelihara dengan baik, dengan panjang mahkota melebihi 6 cm, dan potongan gigi yang ditemukan di Guangzhou memiliki panjang 3,3 cm. Namun, keempat fosil tersebut menunjukkan ciri morfologi yang serupa, termasuk tepi bergerigi halus dan enamel halus.

Fosil Gigi Dinosaurus di China Ungkap Hal Baru-Image-2
Ilustrasi fosil gigi

Ciri-ciri ini konsisten dengan gigi Tyrannosauroidea dan membedakannya dari yang diamati pada dinosaurus karnivora besar lainnya, menurut sebuah artikel penelitian yang baru-baru ini diterbitkan di jurnal internasional Cretaceous Research.

Penulis utama Xing Lida, seorang profesor di China University of Geosciences (Beijing), mengatakan bahwa Tyrannosauroidea adalah dinosaurus predator bipedal yang menunjukkan variasi ukuran tubuh yang signifikan, menjadikannya kelompok dominan selama periode Cretaceous pertengahan dan akhir. Tyrannosaurus rex, berukuran panjang lebih dari 12 meter, mewakili spesies terbesar dan paling terkenal di Tyrannosauroidea.

Namun dibandingkan dengan gigi Tyrannosauroidea lain yang ditemukan di Tiongkok, ukuran keempat fosil tersebut termasuk kecil.

Tim peneliti menghadapi kesulitan dalam memperkirakan secara akurat panjang tubuh pemilik gigi karena ketidakmampuan menentukan dengan tepat lokasi gigi di dalam mulut.

Perkiraan konservatif menunjukkan bahwa pemilik gigi memiliki panjang setidaknya lima hingga enam meter, menurut Wang Donghao, anggota tim peneliti di China University of Geosciences (Beijing).

Kurangnya catatan fosil dinosaurus karnivora besar di Tiongkok selatan telah diatasi dengan penemuan fosil gigi, yang “mengisi kesenjangan ekologis yang menonjol di wilayah tersebut dan memperluas jangkauan tyrannosauroids yang telah dikonfirmasi,” para peneliti mencatat dalam studi tersebut.

Bersama dengan catatan fosil telur dinosaurus sebelumnya yang ditemukan di wilayah tersebut, penemuan gigi tersebut juga menunjukkan bahwa berbagai spesies dinosaurus tumbuh subur di Tiongkok selatan sebelum kepunahan massal pada akhir periode Kapur, kata Xing. (*)