Baca dalam 3 menit

3 Hidangan Ini Tradisi Khas Tiongkok pada Perayaan Ulang Tahun

Waktu Publish : 02 May 2021, 10:08 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi ulang tahun - Image from bmwmarine.net

Bolong.id - Perayaan ulang tahun merupakan momen setahun sekali yang sangat spesial bagi hampir semua orang dan sangat pas untuk dirayakan bersama.

Hari ulang tahun biasanya selalu identik dengan kue ulang tahun, hadiah, balon, dan acara tiup lilin. Namun, setiap negara memiliki tradisi yang berbeda dalam merayakan ulang tahun,lho.

Tiongkok juga memiliki tradisi unik yang tidak kalah menarik. Dilansir dari 奇牧美食文化, berikut hal yang dilakukan saat merayakan ulang tahun di Tiongkok.

1. Makan Telur Merah (红蛋)

Telur Merah - Image from legacytimesmedia.com

Masyarakat Tionghoa juga menghidangkan telur merah saat perayaan satu bulan atau 100 hari setelah kelahiran. Ini merupakan telur ayam biasa yang direbus dan diwarna merah. Bagi mereka, merah identik dengan perayaan dan suka cita.

Selain itu, warna merah dipercaya membawa keberuntungan, sedangkan telur melambangkan kelahiran. Kebanyakan telur merah juga disajikan saat ulang tahun ke 70.

2. Makan Mie Panjang Umur (长寿面)

Mie Panjang Umur - Image from Happy Fresh

Untuk masyarakat Tionghoa, mie adalah salah satu makanan yang harus ada saat ulang tahun. Mie menjadi simbol umur yang panjang atau kelanggengan hidup.

Cara menyantapnya pun gak bisa sembarangan, yakni harus disruput tanpa putus atau menggigitnya. Mie baru bisa digigit setelah masuk dalam mulut. Biasanya, orang-orang memakai bantuan sumpit agar mie tidak putus sebelum masuk mulut.

3. Makan bakpao bentuk buah persik (寿桃)

Bakpao Persik - Image from twimg

Sebenarnya ini bukanlah buah persik, tapi bakpao isi selai kacang merah yang dibentuk dan diwarnai menyerupai persik.

Zaman dahulu, buah ini hanya tersedia untuk keluarga kerajaan, untuk itulah rakyat membuat replikanya menggunakan bakpao. Buah persik melambangkan panjang umur dan keabadian. Biasanya dihidangkan untuk seseorang yang sudah berumur. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

culture

Konser Seni Futuristik Meriahkan Ulang Tahun ke-110 Universi...

  • Lupita
  • 11 Apr 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong