Lama Baca 2 Menit

Pesawat Jet ARJ21 China Luncurkan Rute Ke Dataran Tinggi

04 July 2024, 11:57 WIB

Pesawat Jet ARJ21 China Luncurkan Rute Ke Dataran Tinggi-Image-1
Pesawat jet ARJ21

Beijing, Bolong.id - Pesawat jet regional lokal buatan Tiongkok, ARJ21, meluncurkan rute udara dataran tinggi pertamanya pada Selasa di Daerah Otonomi Uygur Xinjiang di barat laut Tiongkok.

Dilansir dari 天眼新闻 (02/07/24), rute ini menghubungkan Bandara Internasional Kashgar Laining di Xinjiang selatan dengan bandara Khunjerab di Daerah Otonomi Tajik Taxkorgan, sebuah pelabuhan darat di perbatasan Tiongkok-Pakistan yang terletak di wilayah Pamir di Xinjiang selatan.

Chengdu Airlines, yang berkantor pusat di Provinsi Sichuan, Tiongkok barat daya, menyatakan bahwa pihaknya telah menggunakan pesawat ARJ21 pada rute ini karena kinerjanya yang sangat baik.

Sebagai pelopor pesawat komersil Tiongkok, ARJ21 mulai dioperasikan secara komersial oleh Chengdu Airlines pada bulan Juni 2016.

Chengdu Airlines telah mendirikan tiga pangkalan di Xinjiang, mengerahkan sembilan pesawat ARJ21 untuk melayani 24 bandara lokal di lebih dari 40 rute penerbangan.

Bandara dataran tinggi didefinisikan sebagai bandara yang berada pada ketinggian lebih dari 1.500 meter di atas permukaan laut, sedangkan bandara di atas 2.438 meter diklasifikasikan sebagai bandara dataran tinggi. Bandara Khunjerab, yang terletak pada ketinggian 3.258 meter di atas permukaan laut, merupakan bandara dataran tinggi pertama di Xinjiang. (*)

Informasi Seputar Tiongkok