Perakitan Modul Inti Shenzhou 13 Sukses

14 March 2022, 15:17 WIB

Perakitan Modul Inti Shenzhou 13 Sukses-Image-1

Tahap Verifikasi Teknologi Utama Stasiun Luar Angkasa - Image from news.enorth.com.cn

Beijing, Bolong.id - Proyek luar angkasa berawak Tiongkok berhasil mengimplementasikan lima misi dalam tahap verifikasi teknologi utama stasiun luar angkasa. 

Dilansir dari chinanews.com pada Jumat (11/3/2022), saat ini, perakitan modul inti berjalan stabil di orbit dan kru astronot Shenzhou 13 dalam kondisi baik. 

Direncanakan untuk kembali ke darat pada bulan April tahun ini. Teknologi utama untuk pembangunan stasiun luar angkasa telah sepenuhnya diverifikasi dan tugas tindak lanjut siap untuk kemajuan yang solid.

Membangun stasiun luar angkasa dan memecahkan masalah aplikasi luar angkasa berawak skala besar, jangka panjang, adalah tujuan misi langkah ketiga dari strategi pengembangan tiga langkah dari proyek penerbangan luar angkasa berawak Tiongkok.

2022 adalah tahun pertempuran yang menentukan untuk pembangunan stasiun luar angkasa. 

Sesuai dengan pengaturan misi, tahun ini akan menyelenggarakan enam misi penerbangan, termasuk kapsul interogasi stasiun ruang angkasa, kapsul impian, pasokan kargo, dan penerbangan berawak, untuk menyelesaikan konstruksi orbit stasiun ruang angkasa dan menyelesaikan operasi di orbit yang stabil. 

Saat ini, awak astronot untuk melakukan dua penerbangan berawak dalam tahap pembangunan stasiun ruang angkasa telah dipilih dan pelatihan misi sedang dilakukan.

Tiongkok selalu berpegang pada prinsip-prinsip pemanfaatan damai, kesetaraan dan saling menguntungkan, pembangunan bersama, dan berkomitmen untuk membangun stasiun ruang angkasa Tiongkok menjadi platform terbuka untuk kerjasama ilmiah dan teknologi dan pertukaran yang dihadapi masyarakat internasional. 

Gelombang pertama proyek aplikasi stasiun luar angkasa yang dipilih bersama oleh China Manned Space Engineering Office dan United Nations Office for Outer Space Affairs diharapkan akan dimulai secara berurutan tahun ini, dan melaksanakan implementasi proyek eksperimental kerjasama internasional di stasiun luar angkasa Tiongkok.

Saat menjalankan misi konstruksi orbit stasiun ruang angkasa, ia juga melakukan penelitian teknis utama tentang eksplorasi bulan berawak dan demonstrasi rencana yang mendalam. (*)