Rahasia Mobil Tanpa Sopir Diulas Peneliti Universitas Fuzhou

09 May 2022, 13:32 WIB

Rahasia Mobil Tanpa Sopir Diulas Peneliti Universitas Fuzhou-Image-1

Algoritma - Image from 全网搜

Beijing, Bolong.id - Rahasia mobil berjalan tanpa sopir, diulas oleh tim peneliti Universitas Fuzhou, di Kota Fuzhou, Provinsi Fujian, Tiongkok. Mereka menganalisis 'otak' dan 'mata' mobil.

Dilansir dari 科技日报 pada Minggu (8/5/2022), analisis tersebut dimuat online di Jurnal Fotogrametri dan Penginderaan Jauh ISPRS.

Li Jianwei (李建微) dari Fuzhou University sebagai penulis pertama, dan Associate Professor Wang Qianfeng (王前锋) sebagai penulis korespondensi.

Menurut Li Jianwei (李建微), peralatan mengemudi otonom yang diwakili oleh kendaraan tak berawak adalah fokus baru dari persaingan industri saat ini. 

Salah satu intinya adalah teknologi cerdas yang disebut "pemosisian dan konstruksi waktu-nyata", yang merupakan kebutuhan mendesak di bidang kecerdasan buatan dan otomatisasi.  

Data point cloud adalah sumber data utama untuk mewujudkan konstruksi 3D objek tanah. 

 Algoritma registrasi sebagian besar digunakan untuk estimasi pose relatif dan konstruksi informasi lingkungan 3D lengkap, sedangkan algoritma lokalisasi adalah dasar untuk persepsi, perencanaan, dan kontrol menggunakan informasi lingkungan yang diketahui. 

Registrasi point cloud dan algoritma pelokalan yang ada melibatkan konsumsi komputasi data besar dan bagaimana mencapai pertukaran antara akurasi spasial dan sebagainya.

Untuk tujuan ini, tim peneliti Universitas Fuzhou mengusulkan metode ekstraksi yang efisien untuk fitur point cloud dalam menanggapi permintaan industri untuk pencocokan dan penentuan posisi point cloud yang lebih cepat dan akurat, dan menggunakan fitur yang diekstraksi untuk membuat kerangka kerja pendaftaran kasar point cloud.

Metode lokalisasi global yang digunakan untuk merekonstruksi lingkungan 3D dan menentukan posenya sendiri relatif terhadap lingkungan.  

Tingkat keberhasilan pendaftaran algoritme ini lebih dari 96%, yang merupakan salah satu metode pendaftaran terbaik di bidangnya; tingkat keberhasilan pemosisian melebihi 91%, yang juga meningkat secara signifikan dibandingkan dengan aslinya. 

"Langkah ini memungkinkan perangkat tak berawak untuk memahami dan merekonstruksi lingkungan sekitarnya secara real time, dan menentukan posisi dan sikapnya saat ini." Li Jianwei (李建微) mengatakan bahwa algoritma ini juga memiliki keunggulan kecepatan komputasi yang cepat, yang dapat memberikan kemampuan beradaptasi yang kuat bagi perangkat untuk menemukan jalan di robot.  

Tidak hanya itu, algoritme ini juga secara inovatif mewujudkan perpaduan yang efisien dari berbagai metode pada tingkat ekstraksi fitur untuk memenuhi persyaratan penentuan posisi dan sikap dalam adegan yang lebih besar, waktu yang lebih singkat, dan akurasi yang lebih tinggi. (*)