Baca dalam 3 menit

Perhatikan, Kenali "Masa Sensitif" pada Anak!

Waktu Publish : 21 May 2020, 09:43 WIB
SHARE ARTIKEL

Perhatikan, Kenali `Masa Sensitif` pada Anak!

anak kecil pada masa sensitif - Image from : gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Ada beberapa kata kunci yang perlu diperhatikan bagi "Periode Sensitif" (敏感期) dalam pertumbuhan anak. Beberapa diantaranya diabaikan oleh orang tua sehingga beberapa anak dalam "Periode Sensitif" (敏感期) merasa tertekan akibat kesalahpahaman. Berikut adalah "Periode Sensitif" (敏感期) yang perlu orangtua perhatikan selama pertumbuhan pada anak.

Periode sensitivitas oral (口腔敏感期)

Biasanya berlangsung sekitar 6 bulan, akan tetapi tidak menutup kemungkinan akan terus berlangsung selama beberapa bulan atau bahkan satu tahun. Pada masa ini, anak suka memasukkan tangannya kedalam mulut. Sebaiknya orang tua memberikan mainan yang bersih kepada anaknya.

Periode sensitivitas tatanan sosial (秩序敏感期)

Secara umum periode ini berlangsung dari usia 2 hingga 3 setengah tahun. Orang tua tidak perlu terlalu cemas dan bersabar selama periode ini. Setelah emosi anak stabil, jelaskan alasannya kepada anak dengan sabar, kemudian perlahan-lahan anak akan melewati periode tersebut.

Periode sensitivitas mengejar tujuan yang sempurna (追求完美敏感期)

Hal ini terjadi ketika anak berusia 3-4 tahun. Periode sensitif dari sikap keras kepala dan pencarian kesempurnaan selalu berjalan bersamaan.

Dalam perkembangan anak, disarankan agar tidak terlalu menekan mereka. Berikanlah lebih banyak pengertian dan kesabaran dalam menghadapi periode-periode sensitivitas pada anak untuk membantu anak tumbuh dengan sehat.

Penulis: Oki

Banner Kanan
Logo follow bolong