Baca dalam 3 menit

Mengapa Imlek Identik Warna Merah?

Waktu Publish : 11 Feb 2021, 09:09 WIB
SHARE ARTIKEL


Warna merah identik dengan imlek - Image from Dari berbagai sumber

Bolong.id - Warna merah sangat identik dengan Tahun Baru Imlek. Ternyata ada filosofi di balik warna itu.

Warna merah berarti keberuntungan atau keselamatan untuk tahun baru.

Demikian ditulis dalam buku "Encountering Chinese: A Modern Country, An Ancient Culture". Sedangkan warna kuning keemasan dalam kebudayaan Tiongkom melambangkan kehangatan, kemakmuran, kesejahteraan, kekayaan dan kebahagiaan. Demikian dikutip dari antara.

Tak heran jika segala hal menyangkut Tahun Baru Imlek, yang kali ini merupakan Tahun Kerbau logam selalu berwarna merah, dan kuning keemasan.

Beberapa hari sebelum perayaan Tahun Baru Imlek, warga Tiongkok membersihkan rumah dan menghiasinya dengan beragam pernak-pernik berwarna merah.

Beragam dekorasi berwarna merah yang menghiasi rumah, melambangkan harapan adanya keberuntungan, kemakmuran dan kesejahteraan di tahun baru.

Literatur lokal menambahkan pakaian dan atribut berwarna merah dalam kebudayaan Tiongkok, khususnya pada perayaan Tahun Baru Imlek selain melambangkan kekuasaan, vitalitas dan Kebahagiaan juga bertujuan mengusir kekuatan atau energi negatif di tahun yang baru.

Warga Tiongkok juga menempelkan slogan atau puisi disertai gambar di depan pintu, yang juga dicetak dalam warna merah. Maksudnya untuk menghadang kekuatan jahat agar tidak masuk ke rumah yang bersangkutan.

Di Tiongkok bagian utara, termasuk Beijing, warga juga menempelkan kreasi guntingan kertas berwarna merah berbentuk hewan atau tanaman, yang melambangkan segala harapan baik di tahun baru.

Tak hanya itu, warna merah juga digunakan untuk lampion atau lentera yang digantungkan di beranda rumah, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, toko, pasar dan lainnya.

Bahkan amplop berisi uang yang diberikan orang tua atau yang dituakan kepada anak atau yang lebih muda, juga berwarna merah dengan aneka gambar binatang yang melambangkan Tahun Kerbau Logam, dan aksara berwarna kuning keemasan.

Amplop merah berisi uang melambangkan harapan orang tua atau yang dituakan agar anak atau kerabat yang lebih muda mendapat keberuntungan, kemakmuran dan kebahagiaan di tahun baru.

Warna kuning keemasan atau oranye juga banyak digunakan dalam perayaan Tahun Baru Imlek, yang melambangkan kehangatan, dan kegembiraan.

Contohnya jeruk yang merupakan salah satu buah wajib dalam perayaan Tahun Baru China. Tuan rumah akan menyuguhkan jeruk kepada keluarga, kerabat, kolega atau teman yang berkunjung, sebagai tanda ucapan selamat datang disertai rasa persaudaraan yang penuh kehangatan. (*)

Visco Joostensz/Penulis

Terkait

culture

Museum Konfusius Menjaga Tradisi Agar Tetap Hidup

  • Lupita
  • 28 Feb 2021

news

Kisah Mantan Nelayan Rayakan Imlek di Darat untuk Pertama Ka...

  • Lupita
  • 28 Feb 2021

lifestyle

China Catat 256 Juta Perjalanan Turis Domestik Selama Libur ...

  • Lupita
  • 27 Feb 2021

lifestyle

Pendapatan Pariwisata China Selama Imlek Rp658 Triliun

  • Djono W. Oesman
  • 26 Feb 2021

culture

Festival Lampion dan Maknanya

  • Djono W. Oesman
  • 25 Feb 2021

news

Tiongkok Catat Lonjakan Penerbangan Kargo Luar Negeri Selama...

  • Lupita
  • 23 Feb 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong