Baca dalam 3 menit

Peribahasa China : 亡羊补牢 – Lebih Baik Terlambat Daripada Tidak Sama Sekali

Waktu Publish : 19 Feb 2021, 09:56 WIB
Sumber : Gushi
SHARE ARTIKEL


Ilustrasi - Image from Gambar diambil dari berbagai sumber. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami.

Bolong.id - 亡羊补牢wáng yáng bǔ láo secara harfiah setara dengan ‘lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali’. Peribahasa ini terkait dengan cerita tentang seorang gembala, berikut kisahnya :

Dulu kala, ada peternak yang memiliki banyak domba. Suatu hari, dia menemukan bahwa ada seekor dombanya yang hilang. Setelah diselidiki dengan seksama, ternyata ada lubang besar di kandang domba tersebut,ternyata pada malam hari serigala masuk dan mengambil dombanya.

Tetangganya menyarankan : “Cepat perbaiki kandang domba dan tutup lubangnya!” Pria itu menolak untuk menerima nasihat itu dan menjawab, “Domba telah hilang. Mengapa aku harus masih memperbaiki kandang domba?”

Keesokan paginya, dia menemukan bahwa domba lain hilang. Ternyata serigala masuk melalui lubang itu lagi dan membawa domba lain pergi.

Ilustrasi - Image from Gambar diambil dari berbagai sumber. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami.

Dia menyesal tidak mengikuti nasihat tetangganya, jadi dia segera menutup lubang dan memperbaiki kandang domba.

Gembalapun menyadari bahwa lebih baik melakukan sesuatu terlambat daripada tidak sama sekali, Sejak itu, serigala tidak bisa lagi masuk ke kandang domba untuk mengambil dombanya karena lubang yang di kandang sudah gembala perbaiki.

Kisah ini memberi tahu kita sebuah kebenaran: Jika Anda membuat kesalahan dalam hidup Anda, Anda harus mencoba memperbaikinya tepat waktu untuk menghindari kerugian lebih lanjut. Dalam hal belajar juga sama, jika Anda melakukan kesalahan, Anda dapat memperbaikinya, sehingga kesalahan yang sama atau serupa tidak akan terjadi lagi. (*)

Alifa Asnia/Penerjemah



Banner Kanan
Logo follow bolong