Baca dalam 3 menit

Pameran Sains dan Teknologi Kuno China Digelar di Chongqing

Waktu Publish : 12 Jul 2021, 14:16 WIB
Sumber : 环球网
SHARE ARTIKEL

Pameran Sains dan Teknologi Kuno China - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Beijing, Bolong.id – Pada tanggal 10 Juli kemarin, "Pameran Sains dan Teknologi Kuno Tiongkok" diadakan di Museum Sains dan Teknologi Chongqing. Pameran ini merupakan salah satu proyek tur yang dirancang dan dikembangkan oleh Museum Sains dan Teknologi Tiongkok untuk mempromosikan pembangunan bersama dan berbagi sumber daya pameran sains dan teknologi yang luar biasa. Pemilihan pameran tur Museum Sains dan Teknologi Chongqing Di antara mereka, 68 (set) pameran ditampilkan, dan pameran akan berlangsung hingga 28 Februari 2022.

Dilansir dari World Web Wide ( 环球网 ) pada Minggu (11/07/21), dapat dipahami bahwa pameran ini dibagi menjadi enam bidang yaitu astronomi, permesinan, konstruksi, militer, penambangan garam sumur, dan kegiatan sains populer. Ini akan menunjukkan kepada penonton sejarah perkembangan sains dan teknologi dalam peradaban Tiongkok selama ribuan tahun, memungkinkan penonton untuk memiliki pemahaman yang lebih intuitif tentang tokoh-tokoh sains dan teknologi serta sains dan teknologi. Cara berpikir, sambil menunjukkan prestasi luar biasa bangsa Tiongkok dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan keahlian.

Di area pameran astronomi, terdapat alat untuk mengukur posisi benda langit dengan ketinggian di atas 3 meter. Disebut instrumen yang disederhanakan karena merupakan bentuk sederhana dari bola Tang dan Song dengan struktur yang rumit. Penciptaan instrumen sederhana adalah lompatan besar dalam sejarah pembuatan instrumen astronomi Tiongkok, dan itu juga merupakan teknologi maju di dunia pada waktu itu. Eropa tidak menemukan perangkat serupa sampai lebih dari tiga ratus tahun kemudian. Yang dipamerkan kali ini adalah replika dari instrumen sederhana buatan Ming Zhengtong dari tahun ke-2 hingga ke-7 (1437-1442) yang saat ini berada di Observatorium Gunung Ungu.

Di area pameran mesin, ada berbagai macam alat mekanik dengan ide-ide cerdas, pengerjaan yang sangat bagus, dan kepraktisan yang kuat, seperti roda pemintal. Ini adalah pencapaian besar dalam teknik mesin Tiongkok kuno. Mesin listrik adalah kincir air dan alat mesin adalah poros dan rangka benang terdiri dari memutar roda air secara hidraulik untuk menghasilkan daya. Melalui mekanisme transmisi (terdiri dari roda pemandu dan tali kulit), spindel dan rangka benang diputar untuk menyelesaikan pekerjaan memuntir dan melilitkan benang (atau derek). Itu adalah mesin pemintalan paling canggih di dunia saat itu.

Di zona militer, ada roket tingkat kedua pertama di dunia. Orang menggunakan bambu dan kayu untuk mengukir bentuk naga. Ada empat "api" besar yang menempel di luar dan beberapa roket kecil di dalam perut. Jalur obat terhubung ke "api" besar. Pameran yang kaya dan indah di lokasi menarik banyak orang tua dan anak-anak untuk berkunjung. Mereka tidak bisa tidak mengagumi kebijaksanaan orang dahulu.

Penanggung jawab Museum Sains dan Teknologi Chongqing mengatakan bahwa "Pameran Sains dan Teknologi Tiongkok Kuno" menunjukkan kepada penonton sejarah perkembangan sains dan teknologi dalam peradaban Tiongkok selama ribuan tahun, dan saya ingin menggunakan pameran ini untuk memperingati banyak ilmuwan besar Tiongkok kuno dan pengrajin terampil. Penemuan mereka yang luar biasa meletakkan dasar yang kokoh bagi pembentukan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Bye-bye Tiktokers Cilik, China Larang Livestreamer di bawah ...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

technology

Robot Multitasking Asal China, Bisa Buat Kopi Hingga Bersih-...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

culture

POTRET : Situs Makam Ming Xiaoling Peninggalan Dinasti Ming

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

news

Hindari Bingung Acar China, Kimchi Korea Berganti Nama Begin...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

news

Karya Sastra China versi Online Digemari Warga Dunia

  • Djono W. Oesman
  • 24 Jul 2021

news

Bank Indonesia Resmi Kerja Sama Dagang Pakai Rupiah dan Yuan

  • Lupita
  • 24 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong