Baca dalam 3 menit

China-Chili akan Tingkatkan Pengembangan Tech dan Sci di Era Pandemi

SHARE ARTIKEL

Xi Jinping saat di Amerika Latin - Image from Harian Nasional

Chili, Bolong.id - Sekelompok akademisi Chili pada Kamis (29/10) menyerukan pengembangan sains dan teknologi dalam rangka kerja sama Amerika Latin-Tiongkok yang lebih kuat di era pasca pandemi.

Mereka melakukan seruan di Forum Tingkat Tinggi Tiongkok-Amerika Latin kesembilan, sebuah acara virtual yang diselenggarakan oleh Universitas Santiago de Chile (USACH) bersama dengan institusi Tiongkok sebagai bagian dari perayaan yang menandai 50 tahun hubungan diplomatik antara Chili dan Tiongkok. Dilansir, Xinhuanet pada Sabtu (31/10/2020).

Memperhatikan bahwa Amerika Latin tertinggal dalam pengembangan sains dan teknologi, Jose Luis Valenzuela, seorang ahli dari Universitas Andres Bello Chili, menekankan kebutuhan lebih lanjut untuk integrasi regional, di mana Tiongkok dapat memainkan peran utama dalam menjembatani kesenjangan tersebut.

"Kami membutuhkan seseorang untuk menawarkan kepada kami aliansi strategis yang komprehensif untuk upaya bersama, untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, inovasi, dan penciptaan perusahaan teknologi tinggi," katanya.

Tiongkok berkomitmen untuk mengembangkan hubungan persahabatan dan kerja sama dengan negara lain berdasarkan "ketulusan, persahabatan, kesetaraan, saling menghormati, dan pembangunan bersama," kata Valenzuela, seraya mendorong lebih banyak pertukaran akademis dalam sains dan teknologi antara kedua negara.

Selama pandemi, Tiongkok telah menerapkan berbagai platform digital seperti Tencent Meeting, alat konferensi cloud, untuk melakukan pendidikan online, katanya, mendesak lebih banyak kerja sama antara Tiongkok dan Amerika Latin untuk menjembatani "kesenjangan digital" di wilayah tersebut.

Forum Tingkat Tinggi Tiongkok-Amerika Latin diluncurkan pada tahun 2012 oleh Institut Studi Amerika Latin di Akademi Ilmu Sosial Tiongkok dan Pers Akademik Ilmu Sosial, dengan tujuan untuk mempromosikan pertukaran akademis dan memperdalam hubungan Tiongkok-Amerika Latin. (*)

Terkait

international

China-Chili akan Tingkatkan Pengembangan Tech dan Sc

  • Lupita
  • 01 Nov 2020
Logo follow bolong