Baca dalam 3 menit

Tiongkok: 'Hanya ada satu Tiongkok di dunia,' Setelah Kunjungan Ketua Senat Ceko ke Taiwan

Waktu Publish : 08 Sep 2020, 06:47 WIB
SHARE ARTIKEL

Ketua Senat Ceko Milos Vystrcil dan Tsai Ing-Wen (蔡英文) Pemimpin Taiwan - Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id - Tiongkok kembali mengatakan pihaknya mengutuk keras dan dengan tegas menentang kunjungan Ketua Senat Ceko Milos Vystrcil ke Taiwan.

Kedutaan Besar Tiongkok untuk Republik Ceko mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (5/8/20), mereka menyebut langkah Ketua Senat Ceko tersebut sebagai pelanggaran serius terhadap kedaulatan nasional Tiongkok, dilaporkan dari CGTN News, Senin (7/9/20).

Perlu dicatat, Vystrcil mengunjungi Taiwan bersama dengan 90 delegasi politisi Ceko, 90 politisi dari 30 Agustus hingga 4 September lalu meskipun ada tentangan dari Pemerintah Tiongkok dan Ceko.

Kunjungan tersebut merupakan campur tangan besar dalam urusan dalam negeri Tiongkok dan menginjak-injak norma-norma internasional yang serius, kata pernyataan Kedutaan Besar Tiongkok itu, seraya menambahkan langkah tersebut telah merusak fondasi politik hubungan Tiongkok-Ceko.

"Hanya ada satu Tiongkok di dunia dan Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari wilayahnya. Tak peduli manipulasi apa pun yang dilakukan oleh otoritas Taiwan dan pasukan anti-Tiongkok, mereka tidak dapat mengubah situasi yang sudah ada," tambah pernyataan itu.

Pihak Kedubes Tiongkok untuk Ceko meminta Republik Ceko untuk mematuhi prinsip satu-Tiongkok, serta janji politiknya kepada Tiongkok. Terlebih menjaga perkembangan hubungan bilateral yang stabil dengan tindakan nyata.

Pernyataan Kedubes Tiongkok untuk Ceko ini dirilis menyusul peringatan Anggota Dewan Negara Tiongkok dan Menteri Luar Negeri Wang Yi (王毅), yang menggambarkan kunjungan Vystrcil sebagai "provokasi" yang telah "melewati garis merah".

“Ketua Senat melakukan kunjungan itu meskipun ditentang Tiongkok, dan secara terbuka mendukung "kemerdekaan Taiwan", yang merupakan "penghinaan publik. Kami harus memberi tahu ketua Senat Ceko: Anda telah melewati batas," kata Wang Yi (王毅).

Vystrcil akan "membayar mahal untuk perilakunya yang tidak bijaksana," tambah Menteri Luar Negeri Tiongkok tersebut. (*)


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong