Presiden Ceko Redam Amarah Tiongkok atas Kunjungan Senatnya ke Taiwan

logo clock 3 Menit logo clock 07-09-2020, 15:44

Presiden Senat Ceko Milos Vystrcil menghadiri konferensi pers di Taipei, Taiwan- Image from Reuters

Prague, Bolong.id - Presiden Ceko, Milos Zeman pada Minggu (6/9/20) berusaha meredakan emosi Tiongkok atas kunjungan Kepala Senat Ceko ke Taiwan, dengan menyebut perjalanan tersebut sebagai "provokasi yang kekanak-kanakan".

Ketua senat Milos Vystrcil menjadi berita utama minggu lalu ketika dia mengatakan kepada parlemen Taiwan "Saya orang Taiwan" dalam pidato yang menggemakan pembangkangan mendiang Presiden AS John F. Kennedy terhadap komunisme di Berlin pada 1963.

Perjalanan Vystrcil tidak mendapat dukungan dari pemerintah Ceko, yang menetapkan kebijakan luar negeri, dan membuat marah Tiongkok, yang mengatakan bahwa penutur Ceko akan "membayar mahal" karena mengunjungi pulau demokratis yang dilihatnya sebagai wilayahnya sendiri.

Ini mendorong Praha untuk memanggil duta besar Tiongkok.

Zeman telah mencari hubungan bisnis dan politik yang lebih dekat dengan Tiongkok sejak menjabat pada 2013, tetapi upayanya dihantam oleh rencana investasi yang gagal dan telah memecah belah politisi.

Zeman mengatakan dalam sebuah wawancara di Prima pada Minggu (6/9/20) bahwa dia akan berhenti mengundang Vystrcil ke pertemuan para pejabat tinggi kebijakan luar negeri negara bagian dan mengatakan perjalanannya dapat merusak perusahaan tetapi komentar Tiongkok itu dibesar-besarkan.

"Saya menganggap itu provokasi kekanak-kanakan," kata Zeman tentang perjalanan itu.

Perdana Menteri Andrej Babis mengatakan kemudian pada acara debat yang sama dia akan berjuang untuk mencegah kejatuhan bagi perusahaan Ceko.

Republik Ceko, seperti kebanyakan negara, tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan meskipun Taiwan adalah investor besar di negara tersebut.

Banyak perusahaan Ceko beroperasi di atau mengekspor ke Tiongkok, ekonomi terbesar kedua di dunia. Petr Kellner, Bos Home Credit sekaligus  salah satu orang terkaya di Ceko adalah pemberi pinjaman konsumen utama di Tiongkok sementara negara tersebut juga merupakan pasar tunggal terbesar untuk Skoda Auto, unit mobil Volkswagen di Ceko. (*)



Penulis : Isna Fauziah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

China: Serangan AS Pada China Tidak Bikin “America Great Again”

 

logo clock 28-10-2020, 13:15
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Hubungan China-Jepang Kembali Membaik, Siap Masuk Era Baru

 

logo clock 28-10-2020, 11:43
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Dukung Perdamaian Sudan Selatan, Tiongkok Sumbang 1.500 Ton Beras

 

logo clock 28-10-2020, 11:39
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Setelah 23 Tahun Buron, Pengebom Haicang Ditangkap

 

logo clock 28-10-2020, 11:37
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Pameran Buku Anak Internasional Siap Digelar di Shanghai

 

logo clock 28-10-2020, 10:48
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral