Baca dalam 3 menit

Strategi China Hapus Kemiskinan, 3 Juta Kader Disebar ke Desa

Waktu Publish : 05 Feb 2021, 09:25 WIB
Sumber : Xinhua
SHARE ARTIKEL

pemandangan situs relokasi bantuan kemiskinan - Image from Xinhuanet.com

Beijing, Bolong.id - Sejak reformasi, 40 tahun silam, hingga sekarang, pemerintah Tiongkok mengentas sekitar 700 juta warga miskin. Pelaksana program pengentasan kemiskinan di desa-desa saja sekitar 3 juta petugas. Tiongkok kini tergolong negara makmur.

Dilansir dari Xinhuanet pada Rabu (03/02/21), selama lebih dari 40 tahun reformasi dan keterbukaan, lebih dari 700 juta warga Tiongkok telah terbebas dari kemiskinan, berkontribusi pada lebih dari 70% pengurangan kemiskinan global.

Pada akhir tahun 2020, sekitar 100 juta penduduk miskin pedesaan telah keluar dari kemiskinan sejak Kongres Nasional Partai Komunis China (CPC) ke-18 pada tahun 2012, dari 832 kabupaten.

Pemerintah menghapus 52 kabupaten yang tersisa, sebagian besar di daerah terpencil di wilayah barat daya dari daftar kemiskinan seperti yang dijadwalkan tahun lalu.

Langkah-langkah mencegah kemiskinan, antara lain, pengembangan industri dan relokasi tempat tinggal penduduk. Artinya, penduduk yang tinggal di wilayah terpencil, pemerinrah mengambil dua pilihan: 1) Membangun infrastruktur di situ, sehingga akses pergerakan ekonomi meningkat. atau, 2) memindahkan warga ke tempat yang tidak terpencil.

Tiongkok juga mengembangkan program pengentasan kemiskinan ekologis, termasuk kompensasi ekologis dan proyek penghijauan yang didukung oleh pemerintah. 

Misalnya, otoritas kehutanan secara nasional telah merekrut sekitar 1,1 juta penjaga hutan dari rumah tangga miskin sejak 2016. Menurut Administrasi Kehutanan dan Padang Rumput Nasional, Lebih dari 20 juta orang terbebas dari kemiskinan melalui program-program tersebut.

Kebijakan lainnya termasuk menyediakan asuransi dan bantuan kesehatan, mengembangkan program keuangan mikro, membangun platform online untuk menjual produk pertanian dari daerah yang dilanda kemiskinan.

Pemerintah di berbagai tingkatan juga telah mengerahkan sumber daya secara nasional untuk membantu daerah-daerah yang dilanda kemiskinan. Sejak akhir 2012, Tiongkok telah memilih lebih dari 500.000 kader sebagai sekretaris desa pertama BPK dan telah mengirim lebih dari 3 juta kader ke desa-desa miskin untuk memerangi kemiskinan.

China telah memutuskan untuk menetapkan masa transisi lima tahun bagi negara-negara yang telah bebas dari kemiskinan untuk mengkonsolidasikan dan memperluas pencapaian pengentasan kemiskinannya dan untuk mencegah orang-orang jatuh kembali ke dalam kemiskinan lagi.

Negara tersebut telah berjanji untuk memajukan vitalisasi pedesaan dalam tahap pembangunan baru. Strategi tersebut akan membantu meningkatkan kualitas, efisiensi dan daya saing pertanian serta memperdalam reformasi pedesaan dan meningkatkan pembangunan perkotaan-pedesaan yang terintegrasi. (*)

Megawati Putri/Penerjemah

BACA JUGA

Terkait

technology

Akankah Tiongkok Bergantung Pada Pendidikan Online, Setelah ...

  • Nabila Caya
  • 03 Apr 2020

news

Memanfaatkan Anak Di Bawah Umur Untuk Aksi Kriminal, Hukuman...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 23 Apr 2020

news

Bikin Terharu, Inilah Perayaan Hari Ibu di Tiongkok

  • Aisyah Hidayatullah
  • 10 May 2020

health

Berikut Ini adalah Tips Bermanfaat dari UNICEF: Makan Mudah,...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 10 May 2020

news

Makin Maju, Tiongkok Punya Ratusan Juta Pengguna Internet di...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 13 May 2020

health

Akhirnya Sekolah Kembali Aktif, Psikolog Sarankan untuk Perh...

  • Nabila Caya
  • 16 May 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong