Baca dalam 3 menit

Warga Amerika Bersorak Bahagia! Joe Biden Jadi Pemenang Pilpres AS 2020

SHARE ARTIKEL

Joe Biden - Image from The Independent

Washington, Bolong.id - Setelah berhari-hari penghitungan suara, pasangan calon presiden dan wakil presiden dari Partai Demokrat, Joseph Robinette “Joe” Biden Jr. dan Kamala Harris berhasil memenangkan pilpres AS 2020 yang digelar Selasa (3/11/20) waktu setempat.

Biden dan Harris berhasil mengungguli perolehan suara atas pasangan petahana dari Partai Republik, Donald J. Trump dan Mike Pence. Joe Biden akan menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat, setelah kemenangan di negara bagian tempat ia dilahirkan menempatkannya atas 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk mengamankan kursi kepresidenan.

Penghitungan Suara Pilpres AS - Image from AFP

Selama ini, jelas bahwa jalan Joe Biden menuju kemenangan melibatkan membalik beberapa negara bagian yang dimenangkan oleh kandidat Donald J. Trump pada 2016 sementara juga mempertahankan negara bagian yang dimenangkan oleh Hillary Clinton, calon dari Partai Demokrat pada 2016, dalam siklus tersebut, mengutip laporan The New York Times.

Dilansir dari CNN, sebelum menjadi calon presiden dari Partai Demokrat, Biden menjabat sebagai wakil presiden di bawah mantan Presiden Barack Obama. Ia juga senator terlama di Delaware.

Keunggulan Biden atas Trump memang telah diprediksi sebelumnya oleh berbagai lembaga survei.

Dalam pernyataan tertulis setelah hasil penghitungan suara keluar, Biden mengatakan bahwa ia "merasa terhormat dan rendah hati" karena mendapatkan kepercayaan dari Amerika untuk membiarkan ia memimpin negara. Ia juga berjanji untuk menjadi "Presiden untuk semua orang Amerika" tidak peduli jika mereka memilihnya.

"Dalam menghadapi rintangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, sejumlah besar warga Amerika memberikan suara. Membuktikan sekali lagi, bahwa demokrasi berdetak jauh di jantung Amerika," kata Biden.

"Dengan berakhirnya kampanye, inilah saatnya untuk mengesampingkan kemarahan dan retorika keras di belakang kita dan bersatu sebagai sebuah bangsa… Kita adalah Amerika Serikat. Dan tidak ada yang tidak dapat kita lakukan, jika kita melakukannya bersama," tambahnya.

Pernyataan Joe Biden - Image from Biden Harris

Jumlah total suara untuk Presiden Trump tetap pada 214. Trump menolak untuk mengakui pemilihan, mengatakan "fakta sederhananya adalah pemilihan ini masih jauh dari selesai" dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (7/11/20) dan berjanji untuk mulai "menuntut kasus kami di pengadilan demi memastikan undang-undang pemilu sepenuhnya ditegakkan" secepatnya di hari Senin (9/11/20), demikian dilansir dari CGTN.

Pernyataan dari Donald J. Trump - Image from donaldjtrump.com

Mitra Presiden Joe Biden, Kamala Harris meneleponnya segera setelah mengetahui Biden akan menjadi presiden yang diproyeksikan, dengan mengatakan "Kami berhasil!"

Karena kemenangan tersebut, Kamala Harris mencatat sejarah Sabtu (8/11/20) sebagai wanita pertama yang menjadi wakil presiden Amerika Serikat. "Saya sangat bangga padamu," tulis suami Kamala Harris di akun twitternya. (*)








SHARE ARTIKEL

Terkait

international

Biden Kecam Rencana Trump Desak Calon MA Sebelum Pem

  • Isna Fauziah
  • 22 Sep 2020

international

Gedung Putih: AS Targetkan 1 Persen Siswa China Beri

  • Isna Fauziah
  • 03 Oct 2020

international

Tak Peduli Siapa Pun Pemenangnya, Hubungan China-AS

  • Isna Fauziah
  • 06 Nov 2020

international

Wakil Menlu: Kita Harus Dorong Perkembangan Hubungan

  • Isna Fauziah
  • 05 Nov 2020

international

Nilai Yuan Naik Seiring Biden Unggul di Pilpres AS

  • Lupita
  • 06 Nov 2020

international

Warga Amerika Bersorak Bahagia! Joe Biden Jadi Pemen

  • Isna Fauziah
  • 08 Nov 2020
Logo follow bolong