Baca dalam 3 menit

Begini Tanggapan China Atas Pernyataan Politisi Jepang Tentang Taiwan

Waktu Publish : 10 Sep 2021, 12:47 WIB
Sumber : China News
SHARE ARTIKEL

Zhao Lijian, jubir Kemlu Tiongkok - Image from Laman Resmi Kementerian Luar Negeri Tiongkok

Beijing, Bolong.id - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Zhao Lijian di konferensi pers pada tanggal 9 menanggapi klaim palsu politisi Jepang bahwa mereka akan menganggap perdamaian dan stabilitas Taiwan sebagai urusan mereka sendiri dengan dalih "kedekatan geografis".

Dilansir dari China News pada Kamis (09/09/2021), seorang wartawan bertanya: Dilaporkan bahwa Wakil Menteri Pertahanan Jepang Yasuhide Nakayama mengatakan pada tanggal 8 September bahwa jarak antara Taiwan dan Jepang sangat dekat, seperti antara ujung hidung dan mulut seseorang. Itu sebabnya Jepang mengambil perdamaian dan stabilitas bisnisnya sendiri di Taiwan dan tidak mungkin menganggapnya sebagai urusan orang lain, katanya. Apakah Tiongkok punya komentar?

Zhao Lijian mengatakan bahwa pernyataan terkait Taiwan yang dibuat oleh politisi Jepang yang disebutkan sangat tidak masuk akal. Pihak Tiongkok menyatakan ketidakpuasan yang kuat dan penentangan tegas terhadap hal ini, dan telah mengajukan perwakilan serius dengan pihak Jepang.

Zhao Lijian mengatakan bahwa militeris Jepang pernah menggunakan kedekatan geografis sebagai alasan utama untuk mengobarkan perang agresi. Ini adalah perkembangan yang sangat berbahaya bahwa beberapa orang di Jepang masih menggembar-gemborkan logika ini di abad ke-21. Kita harus tetap waspada tentang ini. Mengenai masalah Taiwan, pihak Jepang memikul tanggung jawab historis kepada orang-orang Tiongkok atas kejahatan masa lalunya dan terutama harus berhati-hati dengan kata-kata dan tindakannya.

Dia lanjut mengatakan bahwa Jepang harus berhenti mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok, menghindari merusak kedaulatan Tiongkok dalam bentuk apa pun dan menahan diri dari mengirimkan sinyal yang salah kepada pasukan "kemerdekaan Taiwan" dalam bentuk apa pun.

Zhao Lijian menekankan bahwa wilayah Taiwan adalah bagian yang tidak dapat dicabut dari wilayah Tiongkok dan masalah Taiwan adalah murni urusan dalam negeri Tiongkok yang tidak membiarkan campur tangan asing. Tidak ada yang boleh meremehkan resolusi, tekad, dan kemampuan kuat rakyat Tiongkok untuk menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial.(*)


Informasi Seputar Tiongkok


Terkait

news

Forum Budaya Zhouyi 2021 Dimulai, Bahas Kerja Sama dan Inova...

  • Lupita
  • 18 Oct 2021

news

46 Tewas Akibat Kebakaran di Gedung Kaosiung, Taiwan

  • Djono W. Oesman
  • 15 Oct 2021

news

Pejabat AS Bertemu Pejabat Taiwan, Diprotes China

  • Djono W. Oesman
  • 14 Oct 2021

news

Kemenhan China: Taiwan Urusan China, bukan Jepang

  • Djono W. Oesman
  • 01 Oct 2021

lifestyle

Lu Han Ex-EXO Putuskan Kontrak dengan Audemars Piguet, Kenap...

  • Esy Gracia
  • 24 Sep 2021

news

Taiwan Resmi Bergabung dengan Perdagangan Bebas CPTPP

  • Visco Joostensz
  • 23 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong