Baca dalam 4 menit

Bisakah Cranberry Mencegah Infeksi Saluran Kemih?

Waktu Publish : 02 Sep 2021, 14:40 WIB
Sumber : Sohu Health
SHARE ARTIKEL

Minum Cranberry untuk kesehatan saluran kandung kemih - Image from Sohu Health

Bolong.id-Infeksi saluran kemih adalah salah satu infeksi bakteri yang paling umum pada wanita. Sekitar 50%-60% wanita akan terkena penyakit ini setidaknya sekali seumur hidup. Gejalanya termasuk frekuensi buang air kecil yang intens dan sensasi terbakar saat buang air kecil.

Infeksi saluran kemih dapat diobati dengan antibiotik. Selain itu, ada beberapa laporan bahwa cranberry dapat mencegah infeksi saluran kemih. Jadi, apakah buah kecil ini benar-benar berfungsi?

Dilansir dari Sohu Health pada Rabu (1/9/2021), ada dua teori berbeda tentang efektivitas cranberry pada infeksi saluran kemih. Pada tahun 2012, sebuah survei yang melibatkan 1616 wanita dengan infeksi saluran kemih berulang menemukan bahwa jus cranberry efektif dalam mencegah infeksi, tetapi penelitian skala kecil lainnya pada tahun yang sama menyimpulkan bahwa tidak ada bukti yang mendukung hal ini.

Pedoman 2019 dalam Journal of Urology percaya bahwa karena meningkatnya insiden bakteri yang resistan terhadap obat, semakin sulit untuk menemukan pengobatan yang efektif untuk menghilangkan bakteri tersebut. Saat ini, di bawah bimbingan dan saran dokter, suplemen cranberry dapat digunakan sebagai salah satu tindakan pencegahan bagi wanita dengan infeksi saluran kemih berulang.

Menurut analisis oleh Kathleen Kobashi, seorang ahli urologi di Virginia Medical Center di Seattle, cranberry mengandung senyawa polifenol yang disebut proanthocyanidins, yang membuat cranberry dan buah-buahan lainnya tampak merah tua. Bahan ini dapat mencegah bakteri menempel pada dinding bagian dalam kandung kemih, mencegahnya berkembang biak, dan memiliki efek mencegah infeksi.

Jus Cranberry - Image from Sohu

Namun, memiliki kandungan antibakteri bukan berarti mengonsumsi buah secara langsung dapat mencegah infeksi. Kobashi mengatakan bahwa makan cranberry secara langsung sangat asam. Secangkir 240 ml jus cranberry mengandung 36 mg proanthocyanidins. Minum dua kali sehari dapat mencegah infeksi saluran kemih. Namun, kandungan gula dalam secangkir jus buah adalah sekitar 30 gram, dan asupan gula harian yang direkomendasikan wanita adalah 25 gram. Jika Anda minum dua cangkir gula sehari, asupan gula terlalu tinggi.

Jadi, apa tindakan pencegahan yang paling efektif untuk infeksi saluran kemih? Kobashi menyarankan bahwa minum banyak air setiap hari adalah tindakan pencegahan terbaik. Dapat mengencerkan urin untuk mencegah konsentrasi urin yang berlebihan. Selain itu, wanita yang buang air kecil setelah berhubungan seks dapat menghilangkan bakteri yang berpotensi berbahaya ini dari uretra sebelum infeksi.

Untuk pasien dengan infeksi saluran kemih berulang yang telah mengalami tiga kali infeksi atau lebih dalam 12 bulan, antibiotik spektrum sempit dosis rendah dapat digunakan untuk mencegah serangan di bawah bimbingan dokter. Antibiotik jenis ini hanya akan membunuh bakteri target, tetapi tidak akan merusak flora menguntungkan di usus sekaligus membunuh bakteri berbahaya.

Selain itu, infeksi saluran kemih pada wanita pascamenopause biasanya merupakan akibat dari kekeringan vagina, dan pelembab vagina dapat digunakan untuk mencegah infeksi.(*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong