Baca dalam 4 menit

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Chia seed untuk Kesehatan Tubuh

Waktu Publish : 24 Nov 2021, 06:23 WIB
SHARE ARTIKEL

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Chia seed untuk Kesehatan Tubuh - Image from cdn.forkly.com

Bolong.id - Chia seed merupakan biji-bijian kecil dari salah saty jenis tanaman mint, yaitu tanaman Salvia hispanica. Chia seed memiliki warns hitam, abu-abu, hingga hitam dengan bercak-bercak putih.

Dengan bentuknya oval, chia seed memiliki ukuran sekitar 1-2 milimeter (mm). Di Indonesia, kamu bisa mendapatkan chia seed di supermarket maupun toko-toko khusus yang menjual bahan makanan sehat.

Dilansir chinalowcarb.com dari Chia seed memiliki banyak kandungan gizi sehingga chia seed juga tergolong sebagai makanan super atau super food.

Biji chia kaya akan nutrisi, termasuk asam lemak Omega-3, protein, serat makanan, antioksidan, dan berbagai mineral. Per 100 gram biji chia mengandung nutrisi sebagai berikut.

- 17,5 gram omega-3, yaitu 7 kali lipat dari ikan laut dalam.

- 37,7 gram serat makanan, yaitu 9,8 kali lipat dari beras.

- Indeks antioksidan adalah 9800μmol, yang merupakan 3 kali lipat dari blueberry.

- Kandungan kalsiumnya adalah 714 mg, yaitu 7 kali lipat dari susu.

- Kandungan zat besinya adalah 16,4 mg, yaitu 6 kali lipat dari bayam.

- Kandungan potasiumnya adalah 700 mg, yang merupakan 3 kali lipat dari pisang.

- Protein super tinggi, 7 kali lipat dari susu murni.

Tak hanya itu, chia seed juga memiliki kandungan asam lemak omega-3, berbagai antioksidan, dan juga mineral. Dan inilah manfaat Chia seed dalam tubuh.

1. Menjaga berat badan

Ketika kamu berusaha ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi chia seed adalah salah satu pilihan yang tepat untuk menjaga berat badan tetap di angka normal. Karena, chia seed memiliki kandungan protein yang cukup melimpah.

Protein adalah salah satu nutrisi terpenting untuk dikonsumsi saat melakukan program penurunan berat badan. Karena, asupan protein yang tinggi ke dalam tubuh membantu mengurangi nafsu makan dan keinginan untuk mengonsumsi makanan ringan di luar jam makan.

Selain itu, kandungan serat yang ada pada chia seed juga memiliki manfaat untuk membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Namun meski begitu, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan mengenai manfaat chia seed yang satu ini.

2. Mencegah kerusakan sel

Chia seed merupakan bahan makanan yang kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan dipercaya dapat melawan produksi radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan stres oksidatif. Jika terus menerus terjadi, stres oksidatif dapat menyebabkan kerusakan molekul sel dan hal itu juga mempercepat penuaan.

Selain itu, stres oksidatif juga memicu terjadinya kanker. Maka dari itu, kandungan antioksidan dalam chia seed memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan sel, sehingga kamu juga bisa mencegah proses penuaan terlalu cepat dan risiko kanker.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Chia seed memiliki kandungan kalsium, fosfor, magnesium, dan protein yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi tersebut dinlai memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium pada chia seed bahkan dianggap lebih tinggi jika dibandingkan dengan berbagai produk olahan susu.

Oleh karena itu, jika ingin menjaga kesehatan tulang sejak dini, chia seed adalah pilihan bahan makanan sehat yang tepat untuk dikonsumsi. Tetapi ingat, chia seed juga mengandung asam fitat yang dapat mengurangi penyerapan kalsium dalam tubuh hingga pada jumlah tertentu. (*)



Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong