Baca dalam 3 menit

Manfaat Buah Plum, Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Waktu Publish : 14 Nov 2021, 10:35 WIB
SHARE ARTIKEL

Manfaat buah plum, dapat meingkatkan sistem kekebalan tubuh - Image from jovee.id

Bolong.id - Buah plum mungkin masih kurang dikenal oleh sebagian masyarakat Indonesia. Padahal manfaat buah plum sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Buah plum adalah salah satu jenis buah yang banyak dibudidayakan di negara barat, seperti Amerika dan Eropa. Buah plum kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Beragam Manfaat Buah Plum

Selain antioksidan, buah plum juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, seperti vitamin A, C, B1, B2, B3, B6, B9, B12, K, serat, kalium, magnesium, mangan, fosfor, zat besi, dan seng. Kandungan inilah yang membuat buah plum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat buah plum untuk kesehatan:

1. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Diketahui bahwa mengkonsumsi buah plum juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga jika dikonsumsi secara rutin, dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

2. Menurunkan berat badan

Termasuk buah yang rendah kalori dan mengandung asam lemak tak jenuh. Buah plum juga kaya akan serat, vitamin C, dan vitamin A. Dari kandungan inilah buah plum baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

3. Memelihara kesehatan mata

Kandungan yang terdapat dalam viitamin A atau beta karoten sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Buah plum segar mengandung vitamin A yang cukup tinggi, yaitu sekitar 5%. Oleh karena itu, konsumsilah buah ini secara rutin jika ingin menjaga kesehatan mata.

4. Mencegah sembelit

Buah plum dikenal dengan kandungan serat alami yang sangat tinggi. Kandungan serat dalam buah plum ini bermanfaat untuk memadatkan feses dan melancarkan proses pembuangannya. Konsumsi buah plum secara teratur dapat menurunkan risiko mengalami sembelit.

5. Menjaga kadar gula darah

Meski memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, mengonsumsi buah plum tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang berlebihan. Hal ini dikarenakan buah plum mampu meningkatkan kadar adinopektin, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur kadar gula darah. Selain itu, serat alami di buah plum juga berperan untuk menghambat penyerapan karbohidrat di dalam usus. (*)


Informasi Seputar Tiongkok



Terkait

health

Kedondong Banyak Manfaat, Tapi Hati-hati Kalau Berlebihan Bi...

  • Visco Joostensz
  • 14 Nov 2021

health

Intip Manfaat Kandungan Gizi Buah Alpukat

  • Lupita
  • 23 Oct 2021

health

Sepuluh Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

  • Lupita
  • 17 Oct 2021

health

Tak Boleh Makan Buah Kesemek Terlalu Banyak, Kenapa?

  • Lupita
  • 19 Sep 2021

health

Ini 8 Buah yang Baik Dikonsumsi Setelah Makan Utama

  • Lupita
  • 24 May 2021

health

3 Jenis Anggur Ini Beda Warna Beda Manfaatnya, Apa Saja?

  • Lupita
  • 21 Mar 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong