Baca dalam 3 menit

Turunkan Berat Badan? Cobain 4 Manfaat Buah Apel

Waktu Publish : 28 Sep 2021, 06:30 WIB
SHARE ARTIKEL

Apel - Image from toutiao

Bolong.id - Tak hanya lezat dan menyegarkan, manfaat apel bagi kesehatan juga tidak perlu diragukan. Buah yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia ini diketahui mengandung beragam nutrisi yang baik bagi tubuh.

Buah apel diketahui rendah kalori serta mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan kalium.

Tak hanya itu, buah apel juga mengandung antioksidan, seperti flavonoid, dan pektin yang baik bagi kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.


Anda bisa mengonsumsi buah apel dengan berbagai cara, baik dimakan langsung, dibuat jus, atau dijadikan salad buah.

apel - Image from toutiao

1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Buah apel kaya akan serat yang bisa melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda disarankan mengonsumsi buah apel dengan kulitnya, sebab kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan.

Selain itu, kandungan pektin pada apel dapat memberi nutrisi untuk bakteri baik di dalam saluran pencernaan, sehingga dapat memelihara kelancaran fungsi pencernaan tubuh.

2. Menjaga kesehatan dan fungsi jantung

Rutin mengonsumsi 1–2 buah apel dalam sehari diketahui mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Tak hanya itu, mengonsumsi buah ini juga bisa membantu tubuh untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Mencegah penyumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri juga merupakan salah satu manfaat apel. Manfaat ini berasal dari kandungan pektin, fitonutrien, dan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah.

3. Menurunkan risiko terkena diabetes

Manfaat apel lainnya adalah mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan finonutrien di dalam buah apel berfungsi untuk mencegah lonjakan gula darah dengan merangsang sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin, menghambat proses pemecahan karbohidrat menjadi gula sederhana, dan mengurangi penyerapan gula.

Antioksidan dalam apel juga berperan dalam menjaga kesehatan dan menurunkan risiko terjadinya komplikasi penyakit jantung pada penderita diabetes.

4. Menurunkan berat badan


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi apel 3 kali sehari mampu menurunkan berat badan hanya dalam waktu 12 minggu.

Manfaat apel untuk menjaga berat badan ini berasal dari kandungan air dan serat yang tinggi, sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama, mengurangi porsi makan berlebih, serta melancarkan buang air besar (BAB). (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Heboh Kue Bulan Berserakan di Lantai Sekolah, Ada Apa?

  • Visco Joostensz
  • 23 Sep 2021

health

4 Manfaat Rajin Makan Apel di Pagi Hari Saat Perut Masih Kos...

  • Lupita
  • 21 Sep 2021

health

Asam Urat Tinggi? Jangan Panik, Coba Konsumsi Ini

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

health

Makan Apel yang Dimasak Ternyata Lebih Baik Daripada Mentah

  • Esy Gracia
  • 25 Apr 2021

health

Manfaat Buah Apel, Bisa Kurangi Risiko Kanker!

  • Lupita
  • 28 Feb 2021

culture

Panen Raya Apel di Xinjiang, Langsung Diborong Pemesan

  • Lupita
  • 04 Nov 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong