Baca dalam 3 menit

Manfaat Lebih Vitamin D, Bantu Cegah Gangguan Penglihatan Lansia

Waktu Publish : 18 Sep 2021, 14:51 WIB
Sumber : 王萍
SHARE ARTIKEL

Manfaat Vit D terhadap mata - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Degenerasi makula terkait usia saat ini merupakan penyakit mata utama yang menyebabkan kebutaan pada orang paruh baya dan lanjut usia, dan kebanyakan terjadi pada usia 50 tahun ke atas. Di Tiongkok, kejadian degenerasi makula di antara orang berusia 60 hingga 69 tahun adalah sekitar 10%. Tetapi, degenerasi makula bukan hanya terjadi pada orang tua, orang-orang dari segala usia juga bisa terkena penyakit ini.

Apakah kamu tahu? Ada banyak nutrisi yang membantu orang melawan degenerasi macula ini, dan vitamin D adalah salah satunya. Diketahui bahwa makan wortel dan sayuran berwarna gelap dapat membantu menjaga dan memelihara penglihatan. Tetapi penelitian telah menemukan bahwa vitamin D juga penting untuk kesehatan mata, terutama dalam pencegahan degenerasi makula terkait usia.

Studi telah menemukan bahwa wanita yang kekurangan vitamin D 6,7 kali lebih mungkin untuk mengalami degenerasi makula daripada wanita normal. Untuk genotipe risiko tinggi degenerasi makula, asupan Vitamin D yang cukup juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit. Karena sifat anti-inflamasi dan anti-angiogenik vitamin D (yaitu, memperlambat pertumbuhan pembuluh darah baru), vitamin D mampu mencegah degenerasi makula.

Dilansir dari 王萍 pada Sabtu (18/9/2021), kulit dapat mensintesis vitamin D di bawah sinar ultraviolet. Jika 10% kulit terpapar sinar ultraviolet selama 15 hingga 30 menit setiap hari, vitamin D dapat diproduksi dalam jumlah yang cukup. Namun, di musim dingin, sudut paparan sinar matahari rendah, dan orang yang tinggal di utara atau bekerja di dalam ruangan untuk waktu yang lama mungkin tidak cukup terpapar sinar matahari untuk mempertahankan konsentrasi vitamin D dalam darah. Penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya Vitamin D dengan benar, seperti susu, ikan salmon, dan mackerel. (*)


Informasi Seputar Tiongkok


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong