Baca dalam 3 menit

PBoC: Tiongkok Siap Majukan Pengembangan Yuan Digital

Waktu Publish : 11 Nov 2021, 16:17 WIB
SHARE ARTIKEL

PBoC: Tiongkok Siap Majukan Pengembangan Yuan Digital - Image from 百度

Beijing, Bolong.id – Tiongkok adalah negara terdepan di dunia dalam meluncurkan mata uang digital bank sentral. Saat ini Tiongkok sedang menguji yuan digital atau eCNY di berbagai provinsi di Tiongkok dan belum menetapkan jadwal perilisannya secara resmi.

Dilansir dalam 上海证券报 pada (11/11/2021), Gubernur Bank Rakyat China Yi Gang enyampaikan pidato video pada peringatan 30 tahun berdirinya Institut Ekonomi Berkembang Bank Sentral Finlandia, dan menyatakan bahwa ia akan meningkatkan desain dan penggunaan renminbi digital sesuai dengan situasi percontohan.

Yi Gang juga menambahkan bahwa ia akan terus memajukan pengembangan mata uang digital bank sentral. Upaya tersebut dilakukan karena seiring perkembangan mata uang digital kripto, terutama bitcoin. "Ke depan, kami akan terus memajukan Research and Development (R&D) eCNY dengan hati-hati, meningkatkan desain, dan penggunaannya," kata Yi Gang

Pada kesempatan ini Yi Gang juga menjawab pertanyaan di pasar seperti "apakah mata uang digital bank sentral akan menyebabkan bank sentral mengendalikan terlalu banyak informasi". Yi Gang mengatakan bahwa Bank Rakyat China sangat mementingkan perlindungan informasi pribadi renminbi digital dan telah mengadopsi pengaturan kelembagaan dan desain teknis yang sesuai. People's Bank of China secara ketat mengontrol penyimpanan dan penggunaan informasi pribadi.Kecuali ada persyaratan hukum yang jelas, People's Bank of China tidak akan memberikan informasi yang relevan kepada pihak ketiga atau lembaga pemerintah mana pun.

Di sisi lain, PboC juga akan bergerak dan mengambil tindakan secara hati-hati dalam melonggarkan berbagai kebijakan yang dilakukan. Kebijakan saat ini yaitu mengenai pelonggaran kebijakan moneter untuk mendorong perokonomian negara. Pasalnya, perlambatan pertumbuhan ekonomi dan melonjaknya inflasi dapat memicu kekhawatiran akan stagflasi.

Ekonomi yang goyah akibat adanya wabah covid-19, kendala listrik yang melanda kawasan pabrik, krisis utang di sektor real estate dan lainnya yang menyebabkan goyahnya negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia yaitu Tiongkok. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong