Baca dalam 3 menit

Perbedaan Tulisan Hanzi Tangan Kiri (左) dan Kanan (右)

Waktu Publish : 04 Nov 2021, 14:52 WIB
SHARE ARTIKEL

Eksplorasi tulisan tangan: Kiri (左) dan kanan (右) ditulis secara berbeda - Image from zhimg.com

Bolong.id - Cara membedakan Hanzi kiri (左) dan kanan (右). Dalam gaya penulisan praktis (Kaishu dan Xingkai), terdapat perbedaan antara penulisan karakter kiri dan kanan.Kata "Kiri" adalah "horizontal, pendek, dan panjang", sedangkan kata "kanan" lebih sering "mendatar". panjang, dan pendek." Tahukah Anda mengapa?

Image from zhimg.com

Padahal, perbedaan penulisan kedua karakter ini harus dimulai dari akarnya. Di sebelah kiri, lukisan horizontal atas dan lukisan bergulir, prasasti tulang oracle mewakili "tangan kiri" (seperti yang ditunjukkan pada font segel); sedangkan karakter kanan, prasasti tulang oracle horizontal atas mewakili "tangan kanan" (seperti yang ditunjukkan pada gambar). dalam huruf segel). Terlepas dari apakah tangan kiri atau tangan kanan, lengan lebih panjang dari jari-jari.Dalam evolusi selanjutnya, tangan kiri mewakili lengan dengan sketsa, sedangkan tangan kanan mewakili lengan. Oleh karena itu, ada perbedaan dalam penulisan.

Image from zhimg.com

Image from zhimg.com

Pada saat yang sama, mengacu pada urutan goresan penulisan kaligrafi kuno yang umum, ada juga perbedaan dalam urutan penulisan dua karakter kiri dan kanan, lukisan horizontal dan skimming. Di sebelah kiri, umumnya "diserahkan dulu lalu diserahkan", sedangkan di sebelah kanan, lebih banyak "menyerahkan dulu lalu diserahkan". Hal ini dapat dilihat pada font kaligrafi dari dinasti masa lalu. Namun, setelah karakter Tiongkok yang disederhanakan, Komisi Bahasa Nasional menyatukan urutan goresan, yang disatukan menjadi "horizontal dulu dan kemudian rasul", yang mengurangi kesulitan orang yang tidak perlu dalam menulis.

Image from zhimg.com

Selain itu, terlepas dari penerapan tertulis "Song Ti" dan "Hei Ti", atau skrip praktis, seperti Kaishu dan Xingkai, perbedaan antara karakter kiri dan kanan masih dipertahankan dalam font, lukisan horizontal, dan apokaliptik. lukisan Jenis hubungan panjang. Song Ti dan Hei Ti terbatas pada ciri-ciri huruf bujur sangkar. Perbedaan antara karakter kiri dan kanan dapat dilihat melalui penggambaran coretan, sedangkan pada kaligrafi praktis, karakter kiri dan kanan, perbedaannya lebih jelas, yaitu: kanan karakter, panjang dan pendek horizontal, karakter kiri, pendek dan panjang.

Image from zhimg.com

Selain itu, karakter serupa di seri kanan, seperti "有", "布", dll., semuanya terkait dengan tangan, sedangkan karakter di seri kiri sebagian terkait dengan tangan dan sebagian tidak terkait dengan tangan. tangan, seperti "在", "存", dll. . Dari segi penulisan mirip dengan kiri, "horizontal pendek tapi panjang". (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong