Baca dalam 8 menit

Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Belanja Saat 11.11

Waktu Publish : 05 Nov 2021, 06:30 WIB
SHARE ARTIKEL

Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Belanja disaat 11.11 - Image from 百度

Bolong.id – Asosiasi Konsumen Tiongkok merilis di situs resminya pengingat bagi konsumen untuk meningkatkan hal yang perlu diperhatikan saat berbelanja di “Double eleven”.

Dilansir dalam 中国新闻网 pada (4/11/2021), meskipun 11 November belum tiba, platform e-commerce telah berturut-turut memulai festival belanja "Double Eleven". Beberapa konsumen telah atau akan memulai berbelanja. Dalam beberapa tahun terakhir, perbaikan terus-menerus dari sistem hukum dan peningkatan pengawasan, lingkungan konsumsi online telah dioptimalkan secara bertahap, tetapi pelanggaran belanja online masih terjadi dari waktu ke waktu. Untuk melindungi konsumsi yang aman dan lancar, Asosiasi Konsumen Tiongkok menggabungkan opini publik tentang perlindungan hak konsumen selama "Double Eleven".

Terdapat enam hal yang perlu diperhatikan oleh konsumen selama “Double eleven”, yaitu:


1. Harga rendah dalam Double Eleven, tidak boleh takhayul, lebih terjangkau untuk dibandingkan

Double Eleven adalah festival promosi yang dibuat oleh pedagang selama bertahun-tahun di pasar online. Hal ini juga didukung oleh iklan penjualan besar, terendah sepanjang tahun, pembelian waktu terbatas dan penjualan cepat. Harapan psikologis dari membeli adalah menghasilkan. Namun kenyataannya, bertahun-tahun pemantauan harga dan keluhan konsumen yang diselenggarakan oleh Asosiasi Konsumen menunjukkan bahwa beberapa harga promosi Double Eleven dari beberapa pedagang mungkin belum tentu benar-benar menguntungkan. Dalam hal ini, Asosiasi Konsumen Tiongkok mengingatkan konsumen untuk tidak percaya takhayul tentang apa yang disebut keuntungan harga dari Double Eleven. Yang terbaik adalah memahami tren harga terlebih dahulu sebelum membeli, dan menyadarinya. Kecuali jika itu terjadi ada produk yang patuh pada pemeriksaan tindak lanjut jangka panjang, jangan hanya percaya pada propaganda harga rendah dan secara membabi buta mengikuti tren dan memesan.

2. Aturan promosi rumit, jadi harap baca dengan seksama sebelum melakukan pemesanan

Saat ini, banyak merchant telah meluncurkan berbagai metode promosi untuk menarik konsumen agar melakukan pemesanan, termasuk pre-sales, diskon, kupon, dll. Beberapa aturan promosi rumit dan mengharuskan konsumen untuk menghitung dengan cermat atau menyortirnya. Beberapa konsumen berkata, dalam hal ini, Asosiasi Konsumen Tiongkok mengingatkan konsumen untuk memperhatikan aturan promosi penjualan para pedagang, untuk memahami apakah berbagai tindakan preferensial memiliki batasan, kategori dan cakupan produk yang berlaku, apakah dapat ditumpangkan, dan purna jual langkah-langkah layanan. Bagi yang belum membuat kesepakatan yang jelas atau memiliki tanda yang tidak jelas dan format yang jelas tidak adil, disarankan untuk memilih dengan hati-hati dan menghindari perselisihan setelahnya. Ketika konsumen membeli produk pra-penjualan, mereka juga harus mengklarifikasi hal-hal penting seperti waktu pembayaran dan jumlah pembayaran di muka dan pembayaran terakhir, waktu pengiriman pedagang, dan perjanjian atas pelanggaran kontrak oleh kedua belah pihak.


3. Berhati-hatilah dalam menyimpan produk dalam jangka waktu terbatas

Dalam menghadapi promosi diskon terkuat di Double Eleven sepanjang tahun, banyak konsumen suka memesan dan membeli beberapa kebutuhan sehari-hari. Asosiasi Konsumen Tiongkok mengingatkan konsumen yang suka menimbun untuk tetap bijaksana, merencanakan jumlah stok sesuai kebutuhan, dan menghindari pemborosan stok terlalu banyak dalam satu waktu. Konsumen disarankan untuk membersihkan persediaan di rumah sebelum membeli yang baru dan mengisi kembali barang sesuai permintaan. Untuk kosmetik, makanan kesehatan, bumbu, biji-bijian, minyak, makanan ringan dan produk lainnya yang digunakan dalam waktu terbatas, perlu untuk menghilangkan sifat yang begitu konsumtif, mencoba untuk persediaan sesedikit. Hal ini untuk mencegah banyak stok kadaluarsa sebelum dibuka.


4. Dalam menghadapi penipuan SMS promosi, simpanlah bukti dan laporkan

Dalam beberapa tahun terakhir, selama periode promosi Double Eleven, pesan spam pemasaran telah menunjukkan tren. Hal ini membuat konsumen kesal dan terganggu. Menurut KUHP, UU Perlindungan Informasi Pribadi dan peraturan terkait lainnya, mendorong informasi komersial dan iklan tanpa izin konsumen diduga melanggar hukum. Asosiasi Konsumen Tiongkok mengingatkan konsumen bahwa menghadapi dorongan ilegal dari informasi promosi operator, mereka dapat menyimpan bukti dan menghubungi hotline Pusat Penerimaan Laporan. Laporan ini berguna untuk mengekang informasi ilegal dan menjaga keamanan informasi pribadi.

5. Kualitas barang yang dijual saat siaran langsung bervariasi

Saat ini, produk live streaming sedang panas, tetapi insiden carriage rollover juga telah menyebabkan banyak konsumen mengeluh, seperti tuan rumah melebih-lebihkan efeknya dan menggunakan kata-kata ekstrem untuk mendorong konsumsi, menjual produk palsu dan inferior. Selain itu, juga ada yang tidak mempublikasikan informasi lisensi sesuai dengan peraturan. Dalam hal ini, Asosiasi Konsumen Tiongkok merekomendasikan agar konsumen menghadapi promosi yang gencar dengan sikap tetap tenang, menahan diri, dan mencoba memilih bisnis dengan reputasi tinggi dan baik barulah barang streaming tersebut langsung untuk dibeli. Untuk memastikan keamanan lacaklah catatan transaksi, jangan melakukan transaksi pribadi di luar e-commerce, jangan langsung mentransfer dana, mengirimkan uang ke rekening pribadi, dan melakukan pembayaran dengan mengirimkan halaman tautan pembayaran atau memindai kode QR.

6. Perhatikan layanan purna jual

Saat berbelanja, konsumen harus memahami kebijakan pengiriman dan pengembalian merchant terlebih dahulu, menyimpan catatan chat, informasi pemesanan, informasi pembayaran, screenshot penawaran promosi dan voucher belanja terkait lainnya, dan meminta invoice atau tanda terima dari merchant. Karena peningkatan volume transaksi selama periode "Double Eleven", pedagang mungkin tidak dapat mengirimkan barang dengan cepat, dan pengiriman ekspres akan lebih lambat dari biasanya.

Oleh karena itu, konsumen harus memperhatikan waktu pengiriman dengan pedagang terlebih dahulu terutama untuk pembelian mengenai kebutuhkan produk makanan segar, dll. Perhatikan untuk menghindari periode puncak logistik. Pada saat yang sama, konsumen juga harus membaca kebijakan pengembalian dan penukaran dengan hati-hati untuk memahami apakah produk yang dibeli mendapatkan fasilitas pengembalian yang wajar atau tidak selama tujuh hari. Selain itu dengan siapa yang akan menanggung biaya pengiriman pengembalian. Setelah menerima barang, mereka harus mencoba memeriksa barang di tempat, dan kemudian menandatanganinya setelah memastikan bahwa mereka benar. Ketika terjadi sengketa konsumen, perlu segera menghubungi merchant atau platform e-commerce untuk bernegosiasi dan menanganinya. Jika negosiasi gagal, Anda dapat mengajukan pengaduan ke asosiasi konsumen.

Selain itu, Asosiasi Konsumen Tiongkok juga mendesak semua jenis operator e-commerce untuk lebih jujur dalam merumuskan aturan, melakukan promosi dan tindakan yang lebih menjamin. Selain itu, juga menyediakan produk berkualitas dan layanan purna jual berkualitas tinggi, sehingga konsumen benar-benar dapat nikmati manfaatnya.(*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

culture

Asal-Usul Singles Day, 11.11 di China

  • Isna Fauziah
  • 11 Nov 2020

culture

Double 11, Hari Jomblo. Mengapa Anda Masih Sendiri? : Kuis

  • Isna Fauziah
  • 11 Nov 2020

business

Taylor Swift Kirim Harapan kepada Penggemarnya di China di A...

  • Isna Fauziah
  • 10 Nov 2020

business

Pendapatan Alibaba Kuartal III 2020 Rp333 Triliun

  • Isna Fauziah
  • 07 Nov 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong