Baca dalam 3 menit

Warga China Sewa Orang untuk Pastikan Bangunannya Tak Berhantu

Waktu Publish : 19 Nov 2021, 15:07 WIB
SHARE ARTIKEL

Warga China Sewa Orang untuk Pastikan Bangunannya Tak Berhantu - Image from 百度

Bolong.id – di Asia, Hampir tidak mungkin menjual properti setelah tempat itu menjadi rumah bagi 'kematian yang tidak wajar’. Tetapi, untungnya ada sekelompok pekerja pemberani di Tiongkok yang akan memastikan tempat itu tidak berhantu dengan harga tertentu.

Dilansir dalam 上观新闻 pada (19/11/2021), di Tiongkok industri "penguji rumah hantu" dipekerjakan oleh agen properti. Pemilik atau pembeli, biasanya membayar dengan hitungan menit, yaitu satu yuan (Rp 2.228) per menit, dan bisa menghasilkan lebih dari 1.440 yuan (Rp 3.208.453) untuk tinggal 24 jam.

Laporan itu mengutip seorang penguji rumah hantu, seorang pensiunan tentara bermarga Zhang, yang mengatakan bahwa banyak juga yang mengambil pekerjaan itu dan ia juga mengatakan bahwa “Ini adalah pekerjaan khusus. Ini tidak cocok untuk menjadi pekerjaan penuh waktu, tetapi bisa menjadi pertunjukan paruh waktu. Pekerja harus terbang melintasi negeri dan tidak tahu ke mana mereka akan pergi selanjutnya” katanya.
Zhang juga mengatakan bahwa “permintaannya tidak tinggi dan dia telah menerima sekitar satu pesanan setiap tahun selama beberapa tahun terakhir. Kliennya biasanya adalah agen properti yang mencoba menjual properti berhantu atau orang yang baru saja membeli properti tetapi mereka ditakuti hantu atau bangunan tersebut adalah rumah bagi ‘kematian yang tidak wajar’.

“Pembeli baru tidak berani tidur di tempat, jadi mereka membayar orang untuk mencobanya dan melihat apakah itu aman,” katanya, ia juga menambahkan bahwa akan memberikan fasilitas panggilan video untuk menunjukkan kepada klien bagaimana dia memeriksa setiap sudut rumah.

Zhang juga menjelaskan mengenai persyaratan yang harus dipenuhi untuk “penguji rumah berhantu” yaitu Sebenarnya, pekerjaan ini tidak sesederhana yang kita pikirkan. Ini bukan hanya tentang pergi ke sana untuk tidur satu malam. Ini juga memiliki kebutuhan pribadi yang sangat tinggi. Pertama, pastikan sehat. Kedua, pemilik juga akan membuat beberapa permintaan agar melakukan pengecekan kesetiap sudut rumah. Misalnya, dia akan menyuruhmu melakukan hal seperti ini tanpa menyalakan lampu untuk melihat ke toilet, atau melihat ke dasar tempat tidur tanpa menyalakan lampu. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan suasana yang mengerikan dan membuktikan bahwa rumah adalah "tidak ada hantu" dan aman.

Karena alasan ini, agen properti di Hong Kong diwajibkan secara hukum untuk mengungkapkan “kematian tidak wajar” di sebuah properti. (*)


Informasi Seputar Tiongkok



Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong