Baca dalam 3 menit

Ini Dia, 102 Wilayah Zona Hijau di Indonesia yang akan Berlakukan New Normal!

Waktu Publish : 01 Jun 2020, 17:52 WIB
SHARE ARTIKEL

Ini Dia, 102 Wilayah Zona Hijau di Indonesia yang akan Berlakukan New Normal!

Warga Beli ikan di Pasar Peunayung di Banda Aceh (27/05) - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Pemerintah Indonesia akan segera menerapkan kebijakan New Normal atau Normal Baru, di mana masyarakat harus hidup berdampingan dengan COVID-19, di beberapa wilayah yang sudah teridentifikasi berstatus zona hijau menurut rekomendasi WHO. Wilayah mana sajakah itu?

Dilansir dari laman kabar24bisnis.com, berikut adalah nama-nama wilayah yang termasuk zona hijau. Wilayah tersebut adalah Aceh (14 kabupaten/kota), Sumatra Utara (15 kabupaten/kota), Sumatra Selatan (4 kabupaten/kota), Jambi (1 kabupaten/kota), Bengkulu (1 kabupaten/kota), Lampung (2 kabupaten/kota), Kep. Riau (3 kabupaten/kota), Riau (2 kabupaten/kota), Kep. Bangka Belitung (1 kabupaten/kota), Jawa Tengah (1 kabupaten/kota), Kalimantan Tengah (1 kabupaten/kota), Kalimantan Timur (1 kabupaten/kota), NTT (14 kabupaten/kota), Sulawesi Utara (2 kabupaten/kota), Sulawesi Selatan (1 kabupaten/kota), Sulawesi Tenggara (5 kabupaten/kota), Sulawesi Tengah (3 kabupaten/kota), Sulawesi Barat (1 kabupaten/kota), Gorontalo (1 kabupaten/kota), Maluku (5 kabupaten/kota), Maluku Utara (2 kabupaten/kota), Papua (17 kabupaten/kota), Papua Barat (5 kabupaten/kota).

Semua daerah ini tercatat memiliki kasus nol Covid-19 selama beberapa hari. Doni Monardo, kepala satuan tugas COVID-19 dalam konferensi yang disiarkan televisi pada hari Sabtu (30/05/2020), mendesak agar daerah bebas COVID-19 ini harus terus mempertahankan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan virus. Kota-kota dan lembaga-lembaga yang akan membuka kegiatan ekonominya, lalu harus juga melibatkan para ahli, tim medis, dan tokoh masyarakat guna mendapatkan keputusan yang tepat dan efisien.

Wiku Adisasmito, kepala ahli COVID-19 mengatakan, 102 kabupaten/kota tersebut telah memenuhi kriteria pemerintah untuk dibuka kembali. Apabila suatu daerah dapat melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan kembali menjalankan kegiatan perekonomiannya, mereka kemudian harus memenuhi 11 indikator. Kesebelas indikator tersebut dikaji dari ahli epidemiologi, pengawasan kesehatan masyarakat dan layanan kesehatan, dan melalui rekomendasi WHO. Seperti pengurangan jumlah kasus positif dalam dua minggu setelah puncak terakhir, pengurangan jumlah kematian dari kasus yang ada, pengurangan jumlah pasien positif yang dirawat, peningkatan pasien yang sembuh, dan tingkat kepositifan kurang dari 5% sampel positif.

Sumber: thejakartapost.com, kabar24bisnis.com

Terkait

news

Jumlah Kematian Akibat Corona se-Dunia 250 Juta

  • Djono W. Oesman
  • 13 Nov 2021

news

Sekarang Vaksinasi di Luar Negeri Dapat Sertifikat Resmi di ...

  • Lupita
  • 22 Aug 2021

news

Indonesia Kembali Menerima Vaksin Covid-19 dari China

  • Visco Joostensz
  • 01 May 2021

culture

'Life Matters', Film Dokumenter tentang COVID-19 akan Tayang...

  • Isna Fauziah
  • 18 Sep 2020

culture

Drama TV Tiongkok, Pemerintah vs COVID-19 Premier di CCTV

  • Isna Fauziah
  • 18 Sep 2020

news

Penumpang KRL Jabodetabek Dilarang Pakai Masker Scuba dan Bu...

  • Isna Fauziah
  • 16 Sep 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong