Baca dalam 3 menit

Kurir Online di Tiongkok Hampir 4 Juta Orang

Waktu Publish : 31 Aug 2020, 23:00 WIB
SHARE ARTIKEL

Seorang kurir bersiap untuk mengantarkan makanan dari sebuah erstoran di Shanghai - Image from China Daily

Beijing, Bolong.id - Pengiriman barang pesnanan online di Tiongkok menyarap banyak tenaga kerja. Demikian laporan Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial, dikutip dari China Daily.

Pada 2019, sekitar 3,99 juta petugas pengiriman online terdaftar di Meituan Dianping.

Jam kerja fleksibel jadi daya tarik profesi ini. Hampir 60 persen dari petugas pengiriman menghabiskan kurang dari empat jam kerja per hari.

Petugas pengiriman online menerima dan memeriksa pesanan pelanggan melalui platform internet seluler. Kemudian mereka akan mengirimkan pesanan ke tempat yang ditentukan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan rute platform yang direncanakan.

Berbeda dari pengiriman ekspres dan logistik, pengiriman untuk pesanan online menyediakan layanan point-to-point lokal di berbagai bidang termasuk restoran take-away, pengiriman bahan makanan, ritel, dan pengiriman ekspres dalam kota.

Laporan tersebut juga memperkirakan bahwa permintaan personel pengiriman online akan mencapai sekitar 30 juta orang dalam lima tahun ke depan karena bisnis katering dan ritel online bertumbuh dengan pesat.

Banner Kanan
Logo follow bolong