Baca dalam 3 menit

Ini Kandidat Vaksin COVID-19 Yang Telah Masuk Tahap Akhir Uji Coba

Waktu Publish : 02 Sep 2020, 14:37 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi Kandidat Vaksin - Image from internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Amerika Serikat (AS), Bolong.id - Penelitian vaksin COVID-19 harus melewati berbagai prosedur pengujian untuk dapat disetujui dan kemudian digunakan pada masyarakat. Saat ini, sejumlah kecil vaksin telah mencapai rintangan terakhirnya dan telah memasuki tahap akhir uji coba.

AstraZeneca pada Senin (31/8/2020) mengumumkan, kandidat vaksinnya telah memasuki tahap akhir uji coba di AS. Penelitian tersebut akan melibatkan hingga 30.000 orang dewasa dari berbagai kelompok ras, etnis, dan geografis, seperti dilansir dari AP News, (Selasa, 1/9/2020).

Dua kandidat vaksin lainnya memulai pengujian akhir musim panas ini kepada puluhan ribu orang di AS. Satu dibuat oleh National Institutes of Health dan diproduksi oleh Moderna Inc., dan yang lainnya dikembangkan oleh Pfizer Inc. dan BioNTech Jerman.

Untuk saat ini, berikut adalah beberapa vaksin yang sudah mulai atau mendekati uji coba tahap akhir:

1. Vaksin Kode Genetik

Kandidat Moderna dan Pfizer memulai uji coba tahap akhir pada akhir Juli 2020. Keduanya tidak menggunakan virus corona yang sebenarnya. Namun dibuat dengan kode genetik untuk protein yang tepat yang melapisi permukaan virus corona. Suntikan vaksin yang mengandung kode tersebut, yang kemudian disebut mRNA, lebih mudah dan lebih cepat dibuat daripada vaksin tradisional, tetapi vaksin ini merupakan hasil dari teknologi baru dan belum teruji.

2. Vaksin Kuda Trojan

Penelitian dilakukan dengan menggunakan virus yang tidak berbahaya - virus flu yang biasanya menginfeksi simpanse - yang membawa materi genetik protein lonjakan ke dalam tubuh. Vakin ini dibuat oleh Universitas Oxford Inggris dan AstraZeneca yang oleh para ilmuwan disebut sebagai vaksin "vektor virus".

Kemudian vaksin ini juga dibuat oleh Johnson & Johnson yang memulai studi pada manusia pada akhir Juli 2020. Perusahaan berencana untuk memulai pengujian tahap akhir pada September 2020 pada sebanyak 60.000 orang di AS dan di tempat lain.

Kemudian, Pemerintah Tiongkok juga telah mengizinkan penggunaan darurat suntikan adenovirus CanSino Biologics di militer sebelum pengujian tahap akhir.

3. Vaksin Tak Aktif

Tiongkok memiliki tiga kandidat vaksin tak aktif untuk melawan COVID-19 seperti Sinovac yang pengujian tahap akhirnya berlangsung di Brazil dan Indonesia. Pesaing SinoPharm ini telah mengumumkan rencana untuk pengujian akhir di beberapa negara.

4. Vaksin Protein

Novavax membuat vaksin ini, atau yang disebut dengan vaksin "subunit protein", yang menumbuhkan salinan protein lonjakan virus corona yang tidak berbahaya di laboratorium dan mengemasnya menjadi partikel nano berukuran virus. Vaksin ini baru saja menyelesaikan uji coba pertamanya. Operation Warp Speed ​​pemerintah AS bertujuan untuk pengujian lanjutan di musim gugur nanti. (*)

Terkait

health

Ngeri... Inggris Akan Uji Vaksin, Lalu Relawan Sengaja Ditul...

  • Maureen
  • 23 Oct 2020

health

Turki Mulai Uji Coba Fase III Vaksin Sinovac

  • Della Shafira Putri
  • 18 Sep 2020

health

Pfizer dan BioNTech Usul Perluasan Uji Coba Vaksin COVID-19 ...

  • Isna Fauziah
  • 13 Sep 2020

health

Besok, Indonesia Uji Vaksin COVID-19 ke Manusia

  • Yohana Intan
  • 10 Aug 2020

health

Pfizer dan BioNTech Umumkan Hasil Vaksin COVID-19

  • Della Shafira Putri
  • 04 Jul 2020

news

Penasaran? Ini Dia Hasil Uji Coba Vaksin COVID-19 Pertama di...

  • Vio
  • 18 Jun 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong