Baca dalam 3 menit

China Setujui Vaksin COVID-19 Pertama yang Dikembangkan Sendiri

SHARE ARTIKEL

Seorang pekerja mengemas dosis vaksin Sinopharm di sebuah pabrik raksasa farmasi di Beijing pada 25 Desember - Image from Xinhua

Beijing, Bolong.id - Tiongkok mengumumkan pada Kamis (31/12/20) telah memberikan otorisasi pemasaran bersyarat untuk vaksin COVID-19 yang dikembangkan sendiri untuk pertama kalinya.

Vaksin yang dinonaktifkan, yang mendapat persetujuan dari Administrasi Produk Medis Nasional (National Medical Products Administration; NMPA), dikembangkan oleh Beijing Biological Products Institute Co., Ltd. di bawah China National Biotec Group (CNBG), yang berafiliasi dengan Sinopharm.

Dilansir dari China Daily, hasil sementara dari uji klinis fase-3 menunjukkan kemanjuran 79,34 persen terhadap COVID-19, memenuhi standar Organisasi Kesehatan Dunia dan NMPA, menurut konferensi pers oleh mekanisme pencegahan dan kontrol bersama Dewan Negara terhadap COVID-19.

Chen Shifei, Wakil Kepala NMPA, mengatakan pada konferensi tersebut bahwa persetujuan bersyarat diberikan sesuai dengan hukum yang relevan.

NMPA akan mendesak perusahaan untuk terus melakukan uji klinis fase-3 sesuai rencana dan memastikan kualitas penelitian setelah persetujuan bersyarat. Perusahaan perlu melaporkan reaksi abnormal terhadap vaksinasi dan memperbarui instruksi vaksin tepat waktu, kata Chen.

NMPA juga akan memperkuat pengawasan seluruh rantai vaksin. Ini telah membentuk sistem informasi penelusuran untuk pengelolaan vaksin yang disetujui, tambah Chen.

Wu Yonglin, Presiden CNBG, mengatakan perusahaan telah melakukan uji klinis fase-3 skala besar di Uni Emirat Arab, Bahrain, dan negara lain, yang melibatkan 60.000 sukarelawan dari 125 kebangsaan.

Uni Emirat Arab dan Bahrain menyetujui pendaftaran vaksin sesuai dengan standar teknis WHO pada Desember 2020. Data lebih rinci tentang vaksin tersebut akan dirilis nanti, yang juga akan dipublikasikan di jurnal ilmiah, kata Wu.

"Data yang diperoleh dalam uji klinis fase-1 dan fase-2 vaksin telah menunjukkan bahwa antibodi dapat dipertahankan pada tingkat tinggi selama lebih dari enam bulan. Kami akan terus mengerjakan data perlindungan jangka panjang dari vaksin," ujar Wu.

Tiongkok telah mengadopsi lima pendekatan teknologi untuk mengembangkan vaksin COVID-19. Sejak Juli 2020, beberapa kandidat vaksin Tiongkok telah melakukan uji klinis fase-3 di luar negeri, kata Zeng Yixin, Wakil Kepala Komisi Kesehatan Nasional (NHC). Dia menambahkan bahwa Tiongkok telah berada di garis depan global dalam pengembangan vaksin COVID-19.

"Vaksin COVID-19 akan diberikan secara gratis kepada semua warga Tiongkok," kata Zeng.

Tiongkok menyetujui penggunaan darurat vaksin COVID-19 pada Juni 2020, menargetkan kelompok dengan risiko infeksi tinggi. Pada akhir November 2020, lebih dari 1,5 juta dosis vaksin COVID-19 Tiongkok telah didistribusikan untuk penggunaan darurat. Enam puluh ribu orang yang divaksinasi telah melakukan perjalanan ke luar negeri ke daerah berisiko tinggi, tanpa dilaporkan adanya reaksi merugikan yang parah, kata Zeng.

Pada 15 Desember 2020, Tiongkok secara resmi meluncurkan program vaksinasi untuk periode musim dingin-musim semi yang menargetkan beberapa kelompok kunci. Kelompok-kelompok ini termasuk mereka yang terlibat dalam penanganan produk rantai dingin impor, petugas bea cukai, pekerja medis, dan orang-orang yang bekerja di angkutan umum dan pasar segar. Dalam 15 hari terakhir, jumlah dosis vaksinasi di antara kelompok-kelompok kunci melebihi 3 juta.

“3 juta dosis vaksin, ditambah 1,5 juta dosis sebelumnya, sepenuhnya membuktikan bahwa vaksin Tiongkok aman,” kata Zeng.

Setelah vaksin COVID-19 disetujui untuk memasuki pasar, terutama ketika kapasitas produksi meningkat, Tiongkok akan memvaksinasi lansia secara komprehensif, orang-orang dengan kondisi yang mendasarinya, dan masyarakat umum secara sistematis, kata pejabat NHC. (*)

Terkait

kesehatan

Kemungkinan Besar Kamu Pasti Belum Tahu Mengenai ini: Vaksin...

  • Bolong team
  • 29 Apr 2020

teknologi

Melihat Potensi Vaksin COVID-19 dari Tiongkok, Australia Taw...

  • Bolong team
  • 29 Apr 2020

kesehatan

Harapan Baru Telah Tiba, Uji Klinis Vaksin COVID-19 Telah Be...

  • Bolong team
  • 08 May 2020

berita

Tiongkok Siap Pasarkan Vaksin COVID-19 Akhir Tahun 2020

  • Bolong team
  • 01 Jun 2020

health

Tiongkok Perkuat Kerjasama Internasional untuk Ujicoba Vaksi...

  • Bolong team
  • 09 Jun 2020

international

Penasaran? Ini Dia Hasil Uji Coba Vaksin COVID-19 Pertama di...

  • Bolong team
  • 18 Jun 2020
Logo follow bolong