China Imbau Anggota CICA Bersama Perangi COVID-19

logo clock 3 Menit logo clock 26-09-2020, 10:57

Wang Yi - Image from GT

Beijing, Bolong.id - Tiongkok pada Kamis (24/9/20) meminta negara-negara anggota Conference on Interaction and Confidence Building Measures in Asia (CICA) untuk bersama memerangi pandemi COVID-19.

Anggota CICA harus bekerja sama untuk mengatasi pandemi COVID-19, dengan tegas mendukung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam memainkan peran memimpin dan mengoordinasikan, serta menentang politisasi pandemi dan menstigmatisasi negara-negara tertentu, ujar Penasihat Negara Tiongkok dan Menteri Luar Negeri, Wang Yi (王毅).

Wang (王) membuat pernyataan tersebut pada konferensi video para menteri luar negeri negara-negara anggota CICA.

Menghadapi perubahan besar yang tak terlihat dalam seabad yang diakibatkan oleh pandemi, CICA harus memikul misi sejarahnya dan melakukan upaya baru untuk mempromosikan pembangunan Asia yang menampilkan rasa saling menghormati dan percaya, keamanan dan stabilitas, pembangunan dan kemakmuran, keterbukaan dan inklusivitas, juga sebagai kerja sama dan inovasi, kata Wang (王).

Menteri Luar Negeri Tiongkok meminta semua anggota CICA untuk memperkuat komunikasi dan dialog, membangun dan mengkonsolidasikan saling percaya strategis, dan memainkan peran mereka dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional serta dunia.

Anggota CICA harus terus mensinergikan strategi pembangunan mereka, memajukan konstruksi bersama Belt and Road yang berkualitas tinggi, dan membantu negara-negara melanjutkan tatanan ekonomi dan sosial, kata Wang (王), seraya menambahkan bahwa Tiongkok bersedia berbagi peluang pembangunan dengan negara-negara Asia untuk mencapai pembangunan bersama.

Menjunjung tinggi multilateralisme

Wang (王) juga mengatakan para anggota CICA harus memperingati 75 tahun berdirinya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai kesempatan untuk tetap berpegang pada multilateralisme, menentang penindasan sepihak, menjaga otoritas dan peran PBB, dan mempromosikan tatanan internasional ke arah yang lebih adil. dan arah rasional.

Merupakan konsensus terbesar dari anggota CICA untuk mendukung sistem multilateral dengan PBB sebagai intinya, kata Wang (王), menekankan perlunya mempromosikan kerjasama multilateral regional dan sub regional untuk memfasilitasi multi-polarisasi sistem internasional dan demokratisasi hubungan internasional.

"Tiongkok akan bekerja dengan negara-negara Asia lainnya untuk menempa jenis baru hubungan internasional yang menampilkan rasa saling menghormati, kejujuran, keadilan, dan kerja sama yang saling menguntungkan, mendorong pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia, dan memberikan kontribusi yang semestinya untuk perdamaian dan pembangunan di Asia dan dunia pada umumnya," kata Wang (王). (*)

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Zhao Lijian: China Tak Pernah Cari Musuh, Fokus Makmurkan Rakyat

 

logo clock 22-10-2020, 15:02
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Kenang Semangat Perang Putera Mao Zedong 1950, Inspirasi bagi Pelajar Sekarang

 

logo clock 22-10-2020, 14:37
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Xi Jinping Serukan Hormati Pahlawan, Itu Energi Besar Peremajaan Bangsa

 

logo clock 22-10-2020, 14:22
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Perangi COVID-19, Kedubes China Sumbang Alat Bantu Napas ke Filipina

 

logo clock 22-10-2020, 14:09
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Terjadi Diskrimasi Terhadap Pelajar China, China Desak AS untuk Hentikan

 

logo clock 22-10-2020, 10:29
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral