Fashion China Bawa Desain ke Level Berikutnya

logo clock 7 Menit logo clock 20-09-2020, 15:00

Fashion-Forward China: Bawa Desain ke Level Berikutnya - Image from CGTN

Shanghai, Bolong.id - Lanskap fesyen di Tiongkok tidak seperti tempat lain di dunia. Pengaruh yang tumbuh pesat dari generasi muda Tiongkok sangat menentukan industri ini, sementara spektrum penuh budaya lokal Tiongkok membentuk selera, pemahaman, dan kebutuhan orang akan fesyen.

"Energi dan semangat yang saya temukan di Tiongkok adalah sesuatu yang tidak pernah saya rasakan di tempat lain," ujar Simon Collins, Mantan Dekan di Parsons School of Design New York, kepada CGTN di forum fashion di Shanghai, Tiongkok.

Karena fesyen telah menjadi konsep yang lebih kompleks dan multidimensi di dunia saat ini, Tiongkok saat ini menjadi kekuatan dominan karena potensinya dalam desain, produksi, konsumsi, dan distribusi terkait.

"Fashion adalah tentang kekuatan," kata penulis fesyen dan jurnalis Casey Hall dalam wawancara dengan CGTN. "Semua ibu kota fesyen utama saat ini terletak di negara-negara berkembang secara ekonomi. Di Tiongkok, kota-kota dengan kekuatan komersial yang lebih kuat meningkatkan kehadiran mereka di dunia fesyen. Negara-negara Barat telah memperhatikan fesyen Tiongkok karena e-commerce yang maju dan cerita unik orang-orangnya."

Jelas melihat pasca-COVID Tiongkok berkomitmen untuk memutar jam ke waktu yang lebih berfokus ke dalam pasar. Karena ekonomi lepas landas selama 30 tahun terakhir telah meninggalkan jejak yang dalam dan tahan lama pada generasi yang lebih baru, mereka telah tumbuh menjadi kekuatan utama untuk kemewahan global dan konsumsi fesyen. Dunia fashion dengan demikian kemungkinan akan mengalami perubahan besar selama beberapa dekade mendatang, terutama setelah krisis virus tahun ini.

Shanghai Fashion Week akan diadakan pada bulan Oktober tahun ini - Image from CGTN

Secara khusus, badai budaya Gen-Z yang sudah kuat memengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat serta suasana komersial negara. Orang Tionghoa menjadi lebih sadar akan "pengalaman estetika" karena industri fesyen didorong oleh budaya lokal yang meningkat dan peluang bisnis domestik yang besar, menurut Rehana Mughal, Direktur Seni di British Council, yang telah bekerja di pertukaran budaya Inggris-Tiongkok bertahun-tahun.

Karena batas waktu dan ruang menjadi kabur berkat digitalisasi, budaya lokal dibiarkan berkembang di berbagai bidang. Desainer Tiongkok telah muncul di panggung global, menarik perhatian di arena fesyen terkenal, dan menghadirkan kegembiraan yang unik. Selama dekade terakhir, sejumlah besar perancang busana muda Tiongkok telah belajar atau berlatih di luar negeri, dan kembali ke Tiongkok untuk mengembangkan label mereka sendiri. Dari pakaian, arsitektur, hingga furnitur, desain mereka menyiratkan kebebasan dan ambisi tanpa batas untuk mendunia.

Label pakaian wanita MASHA MA. - Image from CGTN

"Saya orang Tiongkok, jadi desain saya dari Tiongkok, tentu saja," ujar Masha Ma, pendiri label pakaian wanita MASHA MA, yang secara global diakui sebagai salah satu desainer Tiongkok paling terkemuka saat itu. Dia menekankan tidak perlu mengkategorikan desainer ke dalam jenis tertentu berdasarkan kebangsaan, seperti halnya orang mungkin tidak pernah bertanya kepada desainer Prancis mengapa karya mereka begitu "Prancis" - orang hanya akan memuji desain itu sendiri.

Generasi muda masyarakat Tionghoa semakin percaya diri untuk tidak memanfaatkan warisan elemen budaya tradisional yang khas untuk membuat dunia terkesan. Justru, esensi budaya tradisional timur dijenuhkan ke dalam konsep desain.

Jika Anda masih berpikir hanya tentang Qipao merah Tiongkok atau sulaman naga-phoenix, maka Anda sudah ketinggalan zaman berbicara tentang fesyen Tiongkok di zaman sekarang. Desainer muda Tiongkok - orang-orang yang membuat mantel avant-garde, gaun unisex, dan setelan siluet kotak - mencoba mengangkat fesyen lokal ke level berikutnya melalui pembentukan kembali budaya modern.

"Desain saya lebih dipengaruhi oleh budaya modern Tiongkok, musik, seni, dan lain-lain. Ini adalah cara untuk mengekspresikan diri, alat untuk mencapai tujuan: tujuan ini bagi saya adalah pakaian. Ini cara saya untuk menunjukkan bahwa kemewahan bukan hanya kain, itu adalah pemikiran di baliknya," kata Ma.



Stan rumah mode mewah Prancis Saint Laurent di China International Import Expo - Image from CGTN

Saat ini, tidak ada keraguan bahwa banyak perancang busana Tiongkok masih bergumul dengan kurangnya rasa memiliki budaya yang kuat dan kekacauan informasi, tetapi perhatian global terhadap fesyen Tiongkok telah meningkat secara drastis selama dekade terakhir, seiring dengan kebangkitan ekonomi Tiongkok. Berbeda dengan tahun 2000-an, di mana desainer berjuang membawa fesyen Euro-Amerika ke pasar Tiongkok, generasi yang lebih baru jelas mendapatkan identifikasi yang lebih jelas tentang siapa mereka.

"Anda orang Tiongkok, jadi desain Anda dipengaruhi oleh budaya bahkan sebelum Anda menyadarinya," ujar Collins. Ia menunjukkan salah satu hal penting bagi setiap desainer lokal adalah membuat karyanya menarik secara internasional. "Beberapa orang menyebutnya 'pengabaian warisan'. Tapi itu salah. Saya akan menyarankan setiap anak muda untuk melihat secara out of the box, break the box, dan naik ke panggung yang lebih besar untuk melihat benturan budaya. "

Busana Tiongkok itu eksotis, ceruk dan konservatif terdengar ketinggalan zaman. Mengingat kinerja Tiongkok dalam industri fesyen tahun ini, budaya fesyen lokal yang berkembang dapat memelihara dan mendukung para desainer di dalam negeri. Orang dalam fesyen berbagi nilai estetika dan desain dengan kelompok konsumen Tiongkok yang berbeda, dan membangun lebih banyak proyek yang menampilkan budaya lokal untuk masuk ke lingkaran fesyen elit yang sebelumnya kebanyakan Barat. Di Tiongkok, keragaman ide, pendekatan, sumber daya, dan individu dari industri ini hanya akan membuat masa depan lebih menarik. (*)

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Film Dokumenter Perang Korea Tayang di CCTV sampai Jumat

 

logo clock 22-10-2020, 15:10
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Keren... Blazer Merk China Ini Sedang Tren

 

logo clock 22-10-2020, 14:50
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Diterbitkan, Buku tentang Guru dan Mahasiswa Shanghai Terjebak Lockdown di Kampus

 

logo clock 22-10-2020, 14:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral, Video Siswa Menari Tiru Lukisan Dinding Gua Mogao

 

logo clock 22-10-2020, 13:48
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Bukti Ritual Pengorbanan Manusia Ditemukan di Bagian Barat Laut China

 

logo clock 22-10-2020, 10:08
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral