Platform Streaming Bahas Cara Inovatif Gaet Kaum Muda

logo clock 4 Menit logo clock 20-09-2020, 14:58

Para profesional industri berkumpul mendiskusikan cara membuat film dokumenter lebih menarik bagi pemirsa muda - Image from CGTN

Beijing, Bolong.id - Beijing Documentary Week atau Pekan Dokumenter Beijing edisi keempat yang dimulai Selasa (15/9/20) berjalan lancar, menghadirkan 54 film dokumenter pilihan dan serangkaian pameran, seminar, dan acara budaya ke ibu kota. 

Pada forum bertema di hari Kamis (17/9/20), nama-nama besar dari layanan streaming negara berkumpul untuk membahas bagaimana menghasilkan film dokumenter yang menarik bagi Generasi Z.

Dalam hal dokumenter, banyak orang berpikir tentang film atau serial pendidikan yang terlalu kering untuk menarik perhatian pemirsa.

Namun untuk layanan streaming seperti Bilibili, Youku, dan iQiyi, film dokumenter adalah cara terbaik untuk menarik perhatian pemirsa, terutama yang lebih muda, jika Anda tahu apa yang sebenarnya dibicarakan kepada mereka.

Sebagai bagian dari forum bertema di Pekan Dokumenter Beijing tahun ini, perwakilan dari perusahaan-perusahaan ini telah datang untuk berbagi cerita mereka di Museum Monumen Milenium Tiongkok.

Bilibili, yang dimulai sebagai platform video ACG, memiliki rekam jejak keberhasilan dengan generasi muda seperti Gen Z dalam mendistribusikan film dokumenter dalam beberapa tahun terakhir.

Serial populer sebelumnya di platform ini termasuk "The Story of CHUAN'ER", kebab panggang populer, yang telah ditonton lebih dari 200 juta kali selama dua musim pertama.

Zhu Xiangliang, Penasihat Senior di Departemen Dokumenter Bilibili, mengatakan kepada CGTN, "Film dokumenter yang didistribusikan melalui platform media baru menawarkan lebih banyak interaksi antara penonton dan tim produksi daripada sebelumnya. Misalnya, beberapa penonton membuat stiker atau membuat klip video kami. dokumenter dengan cara baru, dan ini akan membawa lebih banyak perhatian pada seri. Merupakan rangkaian yang positif. "

Zhu mengungkapkan, penonton muda sama-sama tertarik pada tema seperti sejarah dan kerajinan tradisional, bertentangan dengan pemikiran konvensional.

Contoh yang bagus adalah film dokumenter dua musim Bilibili yang mengambil sudut pandang berbeda tentang tokoh-tokoh bersejarah, seperti menampilkan sisi gourmet penyair Su Shi (苏轼).

Para profesional industri berkumpul mendiskusikan cara membuat film dokumenter lebih menarik bagi pemirsa muda - Image from CGTN

Teknologi juga membantu menghadirkan perspektif baru dan pendekatan modern untuk film dokumenter. Zhang Wei, Direktur Youku Documentary Center, menjelaskan, "Metode mendongeng yang kreatif seperti yang kami lakukan dengan The Legend Hunters dapat memberikan tampilan baru pada film dokumenter untuk memikat generasi muda. Game seluler mini digabungkan ke dalam The Legend Hunters sebagai cara untuk menjelaskan arkeologi metodologi dan sains yang relevan dengan situs ini. Dalam waktu dekat kami mungkin melihat lebih banyak film dokumenter interaktif atau bahkan yang dirancang khusus untuk layar vertikal."

Pekan Dokumenter Beijing juga akan menyaksikan rilis film dokumenter berkualitas dan pemutaran bertema.

Pekan Dokumenter Beijing beroperasi hingga Selasa, 22 September 2020. (*)

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Museum Istana China Bawa Pengunjung Rasakan Sensasi VR

 

logo clock 21-10-2020, 15:08
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Seniman Tafsirkan Ulang 'Decameron' untuk Zaman Modern

 

logo clock 21-10-2020, 14:34
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Seniman Tafsirkan Ulang 'Decameron' untuk Zaman Modern

 

logo clock 21-10-2020, 13:45
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Pegunungan Putih Abadi China Jadi Subjek Favorit Para Pelukis

 

logo clock 21-10-2020, 13:27
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

China Terbitkan Buku 'Perang, Tolak Agresi AS dan Bantu Korea'

 

logo clock 21-10-2020, 13:12
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral