BTS Bikin Marah Netizen China, Samsung dan FILA Kompak Lakukan Ini

logo clock 4 Menit logo clock 12-10-2020, 16:55

Grup KPOP, BTS - Image from Showbiz

Beijing, Bolong.id - Samsung telah menghapus produk terkait grup Korea Selatan, BTS, dari toko resminya di platform e-commerce Tiongkok, setelah pernyataan grup tentang Perang Korea membuat marah netizen Tiongkok, mengatakan bahwa sikap sepihak grup K-pop terhadap perang meniadakan sejarah.

Pengguna di platform e-commerce Tiongkok populer, JD.com, pada Minggu (11/10/20) menemukan bahwa smartphone dan earphone edisi BTS - Galaxy S20 + 5G BTS Edition dan Galaxy Buds + BTS Edition, menghilang di toko resmi Samsung di platform e-commerce.

Namun, seorang anggota staf dari layanan pre-sale toko mengatakan kepada Global Times pada Senin (12/10/20) bahwa kedua produk tersebut tidak lagi tersedia.

Produk yang sama juga menghilang dari toko resmi Samsung di Tmall, platform e-commerce populer lainnya di Tiongkok.

Beberapa netizen di Sina Weibo memuji langkah tersebut, dengan seorang pengguna berkomentar "itu membuktikan Samsung peduli dengan pasar Tiongkok."

Merek olahraga Italia, FILA juga menghapus postingan promosi grup tersebut di akun Sina Weibo-nya.

Setelah menerima General James A. Van Fleet Award, sebuah penghargaan yang merayakan hubungan AS-Korea, team leader BTS berkata: "kami akan selalu mengingat sejarah menyakitkan yang dialami oleh kedua negara kami dan pengorbanan dari pria dan wanita yang tak terhitung jumlahnya."

Dua negara yang ia maksud adalah AS dan Korea Selatan. Banyak netizen Tiongkok menunjukkan bahwa pidato tersebut ditujukan kepada netizen AS, terlepas dari kenyataan bahwa negara tersebut memainkan peran agresor dalam perang.

Beberapa fans Tiongkok dari grup tersebut menyatakan mereka akan berhenti mengidolakan grup K-pop.

"Ada ribuan tentara Tiongkok yang mengorbankan nyawa mereka dalam perang. Anda adalah orang Korea Selatan dan Anda bisa mengatakan itu, tapi saya orang Tiongkok. Jadi, saya memutuskan untuk marah dan keluar dari klub penggemar boy band untuk mengekspresikan sikap tegas saya," salah satu penggemar BTS bermarga Li mengatakan kepada Global Times di Sina Weibo pada Minggu (11/10/20).

Tahun ini menandai peringatan 70 tahun Perang Melawan Agresi AS dan Membantu Korea (1950-53), juga dikenal sebagai Perang Korea, dengan sejumlah besar warga Tiongkok mengenang mereka yang mengorbankan hidupnya selama perang.

Netizen Tiongkok pada Senin (12/10/20) menghargai ingatan pahlawan Qiu Shaoyun yang kehilangan nyawanya selama perang pada hari yang sama di tahun 1952.

Serangkaian acara peringatan juga diadakan dalam beberapa hari terakhir, dengan media melaporkan pada Sabtu (10/10/20) bahwa Balai Peringatan Perang untuk Melawan Agresi AS dan Membantu Korea di kota perbatasan Tiongkok Dandong, Provinsi Liaoning Tiongkok Timur Laut, telah beroperasi kembali setelah renovasi, sebagaimana dilansir dari Global Times. (*)


Penulis : Isna Fauziah
Editor : Nurul Diah

Terkait

Laut China Selatan Memanas, Jepang - Vietnam Sepakati Kerjasama Militer

 

logo clock 21-10-2020, 13:04
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Pembaruan Perjanjian Uskup Cerminkan Hubungan Sehat China-Vatikan

 

logo clock 21-10-2020, 13:01
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kemenlu Tiongkok Warning India Hati-hati tentang Masalah Taiwan

 

logo clock 21-10-2020, 12:57
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Ini Bakal Jadi Bukti Pembicaraan antara China dan India Berjalan Baik

 

logo clock 21-10-2020, 11:44
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Ini Dia Hasil Investigasi Xinjiang oleh Pakar China

 

logo clock 21-10-2020, 11:40
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Viral