Baca dalam 3 menit

Bikin Terharu, Inilah Perayaan Hari Ibu di Tiongkok

Waktu Publish : 10 May 2020, 12:26 WIB
SHARE ARTIKEL

Bikin Terharu, Inilah Perayaan Hari Ibu di Tiongkok

Bagaimana Perayaan Hari Ibu di Tiongkok? - Image from : gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Hari Ibu (母亲节) dirayakan di seluruh dunia pada hari Minggu ini, 10 Mei 2020, inilah kesempatan bagi kita untuk belajar tentang bagaimana Tiongkok merayakan Hari Ibu! Perayaan ini menjadi semakin populer di Tiongkok, terutama karena sejalan dengan prinsip-prinsip tradisional Tiongkok, yaitu menghormati orang tua dan mengabdi kepada orang tua.

Ada beberapa yang menggunakan Hari Ibu untuk memperingati Meng Mu (孟母) atau ibu dari Mencius (孟子), seorang filsuf konfusius yang paling penting setelah Konfusius (孔子) sendiri. Meng Mu adalah salah satu tokoh wanita yang paling dihormati dalam budaya Tiongkok, karena ia sangat menekankan pendidikan pada anaknya.

Di Tiongkok, Hari Ibu juga diselenggarakan sebagai hari untuk mengenali dan mengumpulkan dana bagi para ibu miskin yang tinggal dan bekerja di daerah pedesaan. Seperti banyak orang di dunia, adalah hal yang biasa bagi generasi muda di Tiongkok untuk memberi kejutan kepada ibu mereka dengan mengirimkan pesan manis serta menunjukkan kasih sayang dan rasa terima kasih mereka. Salah satu tradisi yang sudah menjadi kebiasaan adalah memberikan anyelir kepada para ibu. Namun beberapa tahun terakhir ini, seratus cendekiawan Tiongkok telah menganjurkan agar perayaan dipindahkan ke hari kelahiran ibu Mencius, dan bahwa anyelir digantikan oleh bunga lili, bunga yang biasa ditanam oleh para ibu di masa lampau, ketika seorang anak meninggalkan rumah.

Adapun pada beberapa tahun terakhir, sebuah fenomena baru telah muncul: "orang tua dan anak belajar bersama" (亲子共学 qīnzǐ gòngxué). Konsepnya adalah mengadakan kelas mingguan, di mana orang tua dan anak-anak bersama-sama berpartisipasi untuk membuat kondisi belajar lebih menyenangkan dan untuk memperkuat hubungan antara orang tua dan anak. Pada Hari Ibu, ibu muda kemudian memiliki kesempatan lain untuk menghabiskan waktu dengan anak mereka (ayah atau kakek-nenek juga dapat berpartisipasi). Mereka dapat belajar banyak hal, seperti membuat kue bulan atau belajar bahasa Inggris.

Terkait

business

Sudah Aman, Sih! Tapi Kok Pariwisata di Hubei Masih Sepi?

  • Aisyah Hidayatullah
  • 02 May 2020

news

Perayaan Waisak di Kuil di Tiongkok Terpaksa Dibatalkan kare...

  • Nabila Caya
  • 07 May 2020

news

Karena Pandemi, Waisak di Hong Kong Tahun Ini Beda Dari Bias...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 07 May 2020

news

Bikin Terharu, Inilah Perayaan Hari Ibu di Tiongkok

  • Aisyah Hidayatullah
  • 10 May 2020

news

Hari Perawat Internasional: Xi Jinping Kirimkan Salam Kepada...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 11 May 2020

culture

Mahasiswa Tiongkok Rayakan Kelulusan dengan Parade Traktor

  • Della Shafira Putri
  • 01 Jul 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong