Baca dalam 3 menit

Kebakaran Hutan California Hanguskan Sejuta Hektar Lahan

SHARE ARTIKEL

Kebakaran Besar Ancam Masyarakat, California Minta Bantuan - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Sacramento, Bolong.id - Kebakaran hutan besar terus melanda sebagian California pada Sabtu (22/8/2020), dipicu oleh suhu tinggi dan sambaran petir, ungkap Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (CalFire).

Pada Sabtu (22/8/2020), CalFire juga menyampaikan bahwa kebakaran telah menewaskan enam orang, sementara 43 petugas pemadam kebakaran dan warga sipil terluka akibat insiden ini. Kobaran api seluruhnya telah membakar hampir 700 bangunan sejak awal badai petir terjadi pada minggu lalu dan telah membakar hampir satu juta hektar lahan.

Kebakaran hutan mengancam sebagian San Francisco Bay Area, kawasan hutan dekat Universitas California di Santa Cruz dan sebagian besar wilayah antara San Francisco dan ibukota negara bagian, Sacramento.

Pada hari Sabtu (22/8/2020), Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan kebakaran sebagai bencana besar. Deklarasi yang memungkinkan dana federal digunakan untuk membantu masyarakat dan bisnis yang dirugikan oleh kebakaran di tujuh kabupaten guna membayar perumahan sementara, perbaikan rumah dan kebutuhan lainnya, meskipun terdapat ancaman dari Trump untuk menahan bantuan dari California.

Hampir 14.000 petugas pemadam kebakaran telah dikerahkan di titik-titik kobaran api, tetapi upaya pengendalian api masih dianggap lamban dan pemerintah negara bagian California telah meminta dukungan tambahan dari negara bagian lain dan yurisdiksi lokal di California.

"Mereka mencari mayat untuk membantu memadamkan api," komentar Jay Tracy, petugas pemadam kebakaran Kota Fresno yang dikerahkan sebagai juru bicara kompleks kebakaran LNU yang telah membakar 314.000 hektar di lima kabupaten, termasuk beberapa bagian dari gudang penyimpanan anggur negara serta komunitas di antara San Francisco dan Sacramento.

Tracy juga menambahkan, petugas pemadam kebakaran telah meningkatkan pengendalian tepi selatan api, tetapi angin diperkirakan akan mendorongnya ke barat laut menuju kota pedesaan anggur Healdsburg dan Guernville. Badan-badan lokal pun terbatas pada berapa banyak bala bantuan yang dapat mereka kirim untuk membantu petugas pemadam kebakaran negara bagian karena banyak yang masih dibutuhkan di daerah mereka sendiri, sementara volume api yang besar di California telah menghabiskan sumber daya.

“Badai petir tambahan diperkirakan akan terus terjadi, dan bahaya kebakaran hutan baru atau api membesar sangatlah ekstrim,” ungkap juru bicara CalFire Daniel Berlant, dilansir dari Reuters.

Gubernur California Gavin Newsom pada hari Jumat (21/8/2020) menerangkan bahwa kru pemadam kebakaran California telah memerangi total 560 kebakaran hutan di seluruh California, termasuk kebakaran kecil. Dilansir dari desertsun.com, Newsom juga telah berbicara dengan Kanada dan Australia tentang penerimaan sumber daya dan dukungan.

Sementara itu, evakuasi telah diperintahkan di berbagai daerah. Sekitar 175.000 orang telah diminta untuk meninggalkan rumah mereka, meskipun banyak komunitas di sekitar Vacaville antara Sacramento dan San Francisco telah diizinkan untuk kembali.

Terkait

international

Kebakaran Hutan di California Hanguskan 500 Rumah

  • Aisyah Hidayatullah
  • 23 Aug 2020

international

Kebakaran Hutan California Hanguskan Sejuta Hektar Lahan

  • Aisyah Hidayatullah
  • 25 Aug 2020

News

California Konfirmasi Strain Virus COVID-19 Baru

  • Aisyah Hidayatullah
  • 01 Jan 2021
Logo follow bolong