India Amankan Bagian Timur Setelah Himalaya Barat Bentrok dengan Tiongkok

logo clock 3 Menit logo clock 03-09-2020, 10:01

India Amankan Bagian Timur Setelah Himalaya Barat Bentrok dengan Tiongkok - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Guwahati, Bolong.id - India telah memindahkan pasukan ke bentangan timur perbatasannya dengan Tiongkok sejak bentrokan meletus di bagian barat perbatasan mereka di Himalaya pada bulan Juni lalu.

Bentrokan bulan Juni di wilayah Ladakh, di bagian barat perbatasan India-Tiongkok adalah bentrokan terburuk antara kedua belah pihak selama beberapa dekade terakhir dan aktivitas militer terus meningkat dalam seminggu terakhir, dilansir dari Reuters, Rabu (2/9/2020).

Perpindahan pasukan ke distrik timur Anjaw, di negara bagian Arunachal Pradesh yang juga diklaim Tiongkok, meningkatkan risiko bentrokan lainnya meskipun pejabat pemerintah dan militer di India mengesampingkan kemungkinan konfrontasi yang akan terjadi.

“Kehadiran militer pasti meningkat, tetapi menyangkut serangan, tidak ada laporan yang diverifikasi seperti itu,” kata Ayushi Sudan, kepala pegawai sipil Anjaw, menambahkan bahwa beberapa batalion tentara India ditempatkan di sana. "Telah terjadi peningkatan pengerahan pasukan sejak insiden Galwan dan bahkan sebelum itu terjadi," tambahnya, merujuk pada bentrokan bulan Juni yang menewaskan 20 tentara India.

Arunachal Pradesh yang disebut Tiongkok sebagai Tibet Selatan, berada di pusat perang perbatasan skala penuh antara India dan Tiongkok pada tahun 1962 dan analis keamanan telah memperingatkan bahwa daerah tersebut dapat menjadi titik panas lagi.

Namun juru bicara militer India Letnan Kolonel Harsh Wardhan Pande, mengatakan tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan pasukan yang tiba di daerah itu merupakan bagian dari rotasi reguler pasukan India. “Pada dasarnya, itu adalah pergantian unit (pasukan). Itu terjadi setiap saat, tidak ada (maksud) yang lain,” ungkap Pande. "Sampai sekarang, tidak ada yang perlu dikhawatirkan di bagian perbatasan itu."

Lain halnya dengan Tapir Gao, seorang anggota parlemen dari Arunachal, yang mengatakan bahwa pasukan Tiongkok secara teratur menyeberang ke wilayah India. “Ini fenomena biasa, bukan hal baru,” katanya, sembari mengidentifikasi wilayah Walong dan Chaglagam di Anjaw sebagai yang paling rentan. Di lain sisi, Tiongkok juga mengklaim bahwa pasukan India terus melintasi batas yang telah mereka tetapkan. Hal ini menimbulkan klaim yang saling tumpah tindih. (*)

BACA JUGA

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

Laut China Selatan Memanas, Jepang - Vietnam Sepakati Kerjasama Militer

 

logo clock 21-10-2020, 13:04
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Pembaruan Perjanjian Uskup Cerminkan Hubungan Sehat China-Vatikan

 

logo clock 21-10-2020, 13:01
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kemenlu Tiongkok Warning India Hati-hati tentang Masalah Taiwan

 

logo clock 21-10-2020, 12:57
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Ini Bakal Jadi Bukti Pembicaraan antara China dan India Berjalan Baik

 

logo clock 21-10-2020, 11:44
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Ini Dia Hasil Investigasi Xinjiang oleh Pakar China

 

logo clock 21-10-2020, 11:40
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Viral