Ayo Ikuti 3 Tips Ini, Bantu Hadapi Stres

logo clock 4 Menit logo clock 07-10-2020, 07:35

Ayo Ikuti 3 Tips Ini, Bantu Hadapi Stres - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Orang sering kali merasa stres ketika tidak mampu mengatasi tuntutan dan peristiwa tertentu. Faktor penyebab stres bisa dipicu oleh banyak hal, mulai dari pekerjaan, hubungan keluarga dan pertemanan, tekanan keuangan, dan situasi lainnya. Jika dibiarkan, stres bisa berubah menjadi kondisi yang serius.

Stres bisa dialami oleh siapa pun, terlepas dari usia, gender, dan pekerjaan. Efek stres yang muncul pada tiap orang pun berbeda-beda. Menurut Asosiasi Psikologi Amerika, sobat milenial diketahui lebih sering mengalami stres dibanding generasi-generasi lainnya. Terdapat dua penyebab utama generasi milenial muda mengalami stress, yaitu gaya hidup yang kurang sehat dan penggunaan media sosial secara berlebihan.

Sebagian besar kaum milenial pun memiliki kebiasaan tidur yang buruk, ini pada akhirnya juga memicu pola makan yang kurang sehat, sehingga cepat merasa gelisah, pusing, dan bingung. Kurang tidur juga bisa menghambat produktivitas di esok hari, sehingga sulit menuntaskan pekerjaan, malas, dan merujuk pada stres.

Di lain sisi, penggunaan media sosial yang berlebihan juga menjadi salah satu faktor pemicu stres pada generasi milenial. Medsos yang kerap menampilkan gaya hidup mewah, pasangan ideal, maupun kesempurnaan lainnya dapat menyebabkan ilusi kompetisi dan menumbuhkan pola hidup tidak sehat dengan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Berikut tiga tips untuk membantu menghadapi stres!

1. Pola Hidup Sehat

Bangun kebiasaan pola hidup sehat. Makanan yang sehat, olahraga, serta tidur yang cukup bisa membuat hidup kamu lebih bahagia. Jika tubuh sehat, proses detoksifikasi yang ada di dalam tubuh menjadi lancar dan meningkatkan metabolisme. Ingatlah, mens sana in corpore sano, “di dalam tubuh yang sehat, ada jiwa yang kuat”.

2. Lakukan Me Time

Menghabiskan waktu sendirian dengan pikiran yang tenang justru memberikan sejumlah manfaat. Me Time dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, memberikan kesempatan untuk mengenal diri sendiri lebih jauh, serta menyegarkan tubuh dan pikiran. Setidaknya, sisakan waktu satu hari dalam dua minggu untuk menyendiri. Tidak bertemu dan berhubungan dengan siapa pun yang kamu kenal. Lakukan sesuatu yang baru, hal ini bisa meningkatkan kreatifitas kamu.

3. Menulis Jurnal

Menulis jurnal harian akan berdampak positif bagi kesehatan mental, terutama dalam mengatasi stres dan depresi. Dengan menulis, kalian dapat mengungkapkan isi hati dan pikiran yang sedang dirasakan. Kegelisahan dan hal-hal yang patut disyukuri tiap harinya juga bisa dicurahkan lewat tulisan di jurnal. Ini akan berdampak lebih sehat ketimbang menuangkannya lewat media sosial. (*)

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

Lembaga Brazil Impor Vaksin COVID-19 China yang Semula Ditolak Presiden Bolsonaro

 

logo clock 25-10-2020, 07:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

China Punya 220.000 Institusi Layanan Rawat Lansia

 

logo clock 24-10-2020, 12:36
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Pacar Cuek? Ini Tipsnya

 

logo clock 23-10-2020, 13:30
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Ngeri... Inggris Akan Uji Vaksin, Lalu Relawan Sengaja Ditulari COVId-19

 

logo clock 23-10-2020, 13:14
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Setelah Corona, Norovirus Muncul. Bahaya, Tidak? Cek Faktanya...

 

logo clock 23-10-2020, 12:54
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral