Baca dalam 4 menit

Ayo Rebus Sayuran ini Sebelum Dimasak!

Waktu Publish : 24 Jul 2020, 09:58 WIB
SHARE ARTIKEL

Merebus Sayuran - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Dilansir TouTiao News, orang cuma tahu kalau daging harus direbus sebelum dimasak untuk hilangkan darah dan bau daging. Mereka tidak tahu, kalau dari sudut pandang kesehatan, sayuran juga harus direbus sebelum dimasak.

Banyak sekali manfaat merebus sayuran sebelum dimasak. Hal ini sangat penting, tidak hanya menghilangkan tanah dan bau aneh, tetapi juga mempersingkat waktu memasak.

Merebus sayuran juga termasuk ke dalam teknik blansing, yang bertujuan untuk memperpanjang masa simpan produk pangan dan membuat produk tahan lama, juga memperbaiki bentuk sayuran, menghilangkan zat-zat gas, dan membunuh mikroorganisme yang menempel pada sayuran.

Selain itu, merebus merupakan cara efektif menghilangkan residu pestisida, asam oksalat dan zat berbahaya lainnya. Selain membuat sayuran jauh lebih sehat, bersih dan higienis, merebus sayuran juga dapat meminimalisir rasa sakit perut setelah mengonsumsinya.

Mari kita lihat sayuran-sayuran yang harus direbus sebelum dimasak!

1. Brokoli

Brokoli - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Umbi bunga brokoli yang padat cenderung mengandung serangga dan residu pestisida. Setelah dibersihkan, selain menghilangkan serangga dan residu pestisida, juga dapat membuat warna brokoli lebih hijau.

2. Lentil atau Kacang Merah Kecil

Lentil - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Lentil mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh manusia. Untuk mengonsumsinya, harus dimasak sampai matang, jika tidak dimasak, maka akan menyebabkan sakit perut. Maka dari itu, waktu yang diperlukan untuk merebus lentil jauh lebih lama.

Lentil yang sudah direbus akan lebih mudah matang ketika digoreng.

3. Buncis

Buncis - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tekstur keras buncis yang belum direbus akan mempengaruhi rasanya. Sehingga perlu direbus terlebih dahulu.

4. Bayam

Bayam - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Bayam kaya akan protein dan serat makanan. Cara paling benar untuk mengonsumsi bayam adalah dengan merebusnya terlebih dahulu sebelum dimasak. Proses ini akan menghilangkan asam oksalat dalam bayam, yang akan membuatnya lebih sehat, dan juga menyerap nutrisi.

5. Rebung

Rebung - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Rebung mengandung asam oksalat, oleh karena itu sebaiknya rebung direbus terlebih dahulu sebelum dimasak dan dimakan.

Tips: Metode merebus sayuran berdaun hijau, airnya harus cukup, api kompor harus besar, dan waktu perebusan harus singkat. Anda dapat menambahkan sedikit garam dan minyak. Dengan menambahkan garam dan minyak , tidak hanya dapat mencegah oksidase dari merusak klorofil, tetapi juga menjaga sayuran tetap cerah. (*)


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong