Baca dalam 3 menit

Simak Berita ini Untuk Cegah Kanker Hati

Waktu Publish : 27 Jul 2020, 14:29 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi Kanker Hati - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Dilansir Toutiao News, sebagian besar pasien yang menderita kanker hati memiliki riwayat hepatitis B kronis.

Di Tiongkok, sebagian besar kanker hati disebabkan oleh virus hepatitis B kronis (di negara lain disebabkan oleh alkohol). Penyebab terbesarnya adalah kebanyakan dari penderita tidak memperhatikan pemeriksaan fisik, tidak memperhatikan pencegahan, dan tidak memperhatikan pengobatan.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memeriksa pemeriksaan hepatitis B secara rutin. Setelah masalah ditemukan, segera pergi ke departemen terkait untuk melakukan intervensi perkembangan penyakit untuk pertama kalinya.

Pasien hepatitis perlu untuk lebih meningkatkan tes kuantitatif DNA hepatitis B. Pemeriksaan ini berguna untuk melihat perkembangan virus dalam hati. Departemen infeksi atau gastroenterolog (departemen terkait) akan menggabungkan indeks ini untuk pengobatan antivirus. Waktu perawatan antivirus yang dianjurkan adalah minimum 5 tahun. Dan kalaupun ingin menghentikan obat perlu dikombinasikan dengan pendapat spesialis dan ulasan hasil fungsi hati.

Banyak orang menghentikan konsumsi obat setelah meninjau pengurangan kuantitatif DNA, mereka menganggap jumlah virus sudah ditekan oleh obat. Padahal, setelah konsumsi obat dihentikan tanpa ada pemeriksaan terlebih dahulu, rebound virus dapat memburuk, sehingga penghentian obat harus direkomendasikan terlebih dahulu oleh spesialis.

Kurangi Alkohol - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Pasien dengan hepatitis B dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan USG Colour Doppler setiap enam bulan sekali dan pada saat yang bersamaan memeriksa ulang alfa-fetoprotein. Selain itu juga harus memperhatikan perubahan yang signifikan sehari-hari. Pasien dengan hepatitis B harus memperhatikan diet ringan, mengurangi konsumsi alkohol, kurangi begadang, dan melakukan pengobatan antivirus secara rutin.

Begadang dan mengonsumsi alkohol adalah poin yang paling penting untuk cegah kanker hati dan hepatitis B. (*)


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong