Baca dalam 3 menit

Warga Tiongkok Rayakan Penutupan Konsulat AS di Chengdu

Waktu Publish : 29 Jul 2020, 07:37 WIB
SHARE ARTIKEL

Seorang Warga Tiongkok Mengambil Foto di Depan Konsulat AS di Chengdu - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Dilansir Taiwan News, beberapa warga Tiongkok terlihat mengambil foto selfie dan foto di luar konsulat AS di Chengdu pada Minggu (26/7/20), untuk merayakan penutupan konsulat tersebut di tengah meningkatnya ketegangan antara Tiongkok-AS.

Ketika pejabat konsuler AS meninggalkan konsulat tersebut setelah Beijing memerintahkan penutupannya, kerumunan penduduk setempat memadati trotoar terdekat untuk mendokumentasikan momen penting tersebut. Van dan truk pengangkut yang membawa barang-barang diplomatik juga terlihat keluar dari konsulat menjelang tenggat waktu penggusuran yang ditetapkan oleh pemerintah Tiongkok.

Warga Tiongkok Rayakan Penurunan Bendera AS di Konsulat AS Chengdu - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Untuk menghindari konfrontasi yang tidak perlu, polisi di Chengdu memasang penghalang logam di sepanjang jalan dan trotoar di depan konsulat AS.

Menurut laporan, pihak berwenang setempat menerapkan langkah-langkah ketat untuk mencegah perilaku provokatif dari warga Tiongkok setelah seorang pria ketahuan menyalakan kembang api di luar gedung konsulat pada Jumat (24/7/20). 

Beberapa penduduk Chengdu menggambarkan hubungan yang memburuk antara AS dan Tiongkok sebagai hal yang disesalkan, namun mereka berpendapat bahwa penutupan konsulat AS di Beijing hanyalah pembalasan atas administrasi Trump yang menutup konsulat Tiongkok di Houston. (*)


Terkait

news

Warga Tiongkok Rayakan Penutupan Konsulat AS di Chengdu

  • Della Shafira Putri
  • 29 Jul 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong