Baca dalam 3 menit

Bill Gates: China Perang Lawan Perubahan Iklim

Waktu Publish : 15 Feb 2021, 18:06 WIB
Sumber : Xinhua
SHARE ARTIKEL

Bill Gates - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

New York, Bolong.id - Salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, memuji tekad China untuk memprioritaskan iklim dan kontribusinya terhadap pengurangan karbon, dengan mengatakan dunia mendapat manfaat dari upaya negara itu untuk membuat energi ramah lingkungan yang lebih terjangkau.

"Sangat menyenangkan bahwa Presiden Xi menjadikan iklim sebagai prioritas dan ingin bekerja sama dengan negara lain dalam hal ini," kata Gates, juga ketua bersama Bill & Melinda Gates Foundation, dalam wawancara eksklusif.

Dilansir dari Xinhuanet, China bertujuan untuk mencapai puncak emisi CO2 sebelum 2030 dan mencapai netralitas karbon sebelum 2060, kata Presiden China Xi Jinping pada September 2020 pada debat umum sesi ke-75 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui video.

"Tanpa kontribusi dari China, banyak bahan utama (dalam memerangi perubahan iklim) seperti baterai dan tenaga surya tidak akan begitu terjangkau," kata Gates.

China dan beberapa negara lain telah mengurangi biaya tenaga surya dan mobil listrik, menurunkan harga untuk memfasilitasi energi ramah linngkungan di seluruh dunia, kata Gates.

China juga melakukan banyak hal untuk membangun jaringan listriknya untuk menggunakan lebih banyak energi terbarukan, kata dermawan miliarder AS itu. "Saya berharap para inovator di China dapat menurunkan biaya energi ramah lingkungan dengan cukup, sehingga China bahkan dapat meningkatkan komitmennya untuk menggunakan energi terbarukan dalam Belt and Road Initiative."

Mengutip banyak sumber emisi seperti pabrik baja dan semen dan cara orang menanam padi, membuat pupuk, dan memelihara ternak, Gates mengatakan bahwa dunia tidak dapat melewatkan semua ini untuk mencapai emisi nol.

"Untuk mengatasi masalah ini, inovasi adalah kuncinya," kata Gates, mencatat bahwa perusahaan China meningkatkan anggaran R&D mereka. Menggambarkan R&D dasar sebagai area kerja sama yang sangat besar, Gates meminta China dan Amerika Serikat, dua ekonomi terbesar di dunia, untuk bekerja sama untuk mempromosikan R&D dan membantu mengurangi premium hijau untuk seluruh dunia.

Perubahan iklim dan inovasi adalah area di mana China dan Amerika Serikat dapat mencapai hasil win-win yang besar, katanya "Kedua negara memiliki orang-orang pintar yang luar biasa di generasi mudanya yang akan bangga menjadi bagian dari ini," kata Gates. (*)


Terkait

lifestyle

Bill Gates Umumkan Harta Gono-gini Perceraiannya

  • Visco Joostensz
  • 07 May 2021

lifestyle

Bill Gates - Melinda Cerai Setelah 27 Tahun Menikah

  • Lupita
  • 06 May 2021

news

Buku Mengenai Budaya Barat Termasuk Bill Gates Mau Dilarang ...

  • Visco Joostensz
  • 24 Apr 2021

news

Bill Gates: Data AS dari TikTok Bakal Aman dengan Microsoft

  • Isna Fauziah
  • 06 Aug 2020

news

Bill Gates Bicara Soal COVID-19 di AS, Bagaimana Tiongkok?

  • Yohana Intan
  • 05 Jul 2020

news

Lucu, Ikut Perangi Pandemi, Bill Gates Malah Dituduh Konspir...

  • Vio
  • 06 Jun 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong